androidvodic.com

Rakernas Kongres Advokat Indonesia di Bali Usulkan Adnan Buyung Nasution Jadi Pahlawan Nasional - News

News, JAKARTA - Peserta Rakernas Kongres Advokat Indonesia (Rakernas KAI) 2022 sepakat mengusulkan dan merekomendasikan Adnan Buyung Nasution sebagai Pahlawan Nasional.

"Kami mengusung dan mengusulkan kepada pemerintah dan segenap stakeholder terkait, agar nama Adnan Buyung Nasution jadi pahlawan nasional," kata wakil presiden KAI Adv TM Luthfi Yazid dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Luthfi yang juga advokat senior lulusan Inggris ini menjelaskan sosok Adnan Buyung Nasution sangat layak menerima predikat pahlawan nasional karena kiprahnya yang luar biasa dalam penegakan hukum di tanah air.

Baca juga: Di Hadapan Gubernur Bali dan Ribuan Pengacara, Presiden KAI Gagas Satu Desa Satu Advokat

"Semasa hidupnya Bang Buyung sangat peduli pada gerakan pro bono dan legal aid atau bantuan hukum cuma-cuma bagi mereka yang tidak mampu," ujarnya.

Guna membela masyarakat miskin yang tidak memiliki kekuasaan dan mereka yang diperlakukan tidak adil oleh hukum, menurut Luthfi, dahulu Adnan Buyung terus membela kelompok yang seperti itu. 

"Gerakan-gerakan Bang Buyunglah yang banyak memunculkan LBH sejak tahun 70'an hingga sekarang ini," kata advokat yang memiliki banyak pengalaman praktik di Jepang ini.

Luthfi mengenang sosok Adnan Buyung adalah pribadi yang kritis dan idealis. Ia turut berperan kritis di tiga masa pemerintahan mulai dari orde lama, baru, hingga demokrasi.

"Selain tokoh hukum yang senior, bisa dikatakan top kantor hukum di Indonesia pasti ada sentuhan Bang Buyung di dalamnya, Bang Buyung layak mendapat penghargaan sebagai pahlawan nasional karena kiprahnya mengharumkan nama bangsa di kancah dunia," tutur Luthfi.

Luthfi menegaskan mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus akui peran besar Adnan Buyung di sektor hukum dalam negeri, utamanya di dunia advokat. 

"Saya bersama dengan Kongres Advokat Indonesia mengajak rekan-rekan advokat se-tanah air untuk bersama-sama mengusulkan ke pemerintah agar dalam waktu dekat nama Adnan Buyung Nasution dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional," ucap Luthfi.

Di sela-sela kesibukan kegiatan Rakernas KAI 2022, Presiden Kongres Advokat Indonesia, Adv Tjoetjoe Sandjaja Hernanto yang dikenal sebagai Bapak Advokat Modern Indonesia turut memberikan komentarnya.

"Bang Buyung adalah legenda di dunia Advokat. Beliau adalah pejuang hukum yang selalu berpihak kepada kaum marjinal dan selalu berada di barisan terdepan berjuang melawan kezaliman penguasa," katanya. 

"Saya sebagai orang yang dilantik oleh Bang Buyung menjadi Persiden Kongres Advokat Indonesia di periode pertama merasa bangga dan akan berusaha secara maksimal untuk mewujudkan rekomendasi hasil Rakernas KAI 2022 yaitu menjadikan Prof. Dr. Adnan Buyung Nasution sebagai Pahlawan Nasional," ujarnya.

Baca juga: Jelang Rakernas KAI, Gubernur Bali Sambut Kehadiran Ratusan Advokat di Acara Gala Dinner

Rakernas KAI 2022 diadakan di Marriott The Stones Hotel Bali digelar dalam kombinasi etnik Bali dengan teknologi modern. Ballroom berkapasitas seribu orang tempat acara berlangsung terasa penuh dan padat oleh anggota KAI yang datang dari seluruh Indonesia.

“Diselenggarakannya rakernas KAI di Bali merupakan bagian dari peran para advokat dalam menghidupkan kembali pariwisata Pulau Dewata setelah selama dua tahun dipukul pandemi,” kata Ketua Panitia Adv. Heru Notonegoro di hadapan Gubernur Bali I Wayan Koster yang hadir hari itu.

“Kongres Advokat Indonesia keren, keren, keren,” kata Koster saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat