androidvodic.com

Advokat Diharuskan Jaga Integritas - News

News, JAKARTA – Profesi advokat merupakan profesi yang mulia (officium nobile). Oleh karena itu, semua advokat harus bersyukur dan berbangga dengan profesi ini.

Hal itu ditegaskan salah satu anggota Dewan Penasehat Forum Advokat Manggarai Raya (Famara) Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Dr Inosentius Samsul dalam acara 'Syukuran dan Pelantikan Pengurus Famara Jabodetabek periode 2024 – 2029' di Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Menurut Ino--demikian sapaan Kepala Badan Keahlian (BK) Sekretariat Jenderal DPR RI ini--, alasan advokat sebagai profesi yang mulia didasari tiga hal.

Pertama, seorang advokat pada dasarnya seorang yang mempunyai ilmu pengetahuan (knowlodge) yang kuat dalam bidang hukum.

Baca juga: Advokat Siwalima Maluku: Pernyataan Kapolri Soal Estafet Kepemimpinan Jangan Dipolitisasi

"Seorang advokat harus cerdas, mempunyai kemampuan dalam bidang hukum karena keberadaannya di masyarakat sangat penting," kata alumnus S1 Ilmu Hukum UGM, Yogyakarta ini.

Kedua, seorang advokat harus memiliki sikap following. Artinya, punya sikap yang konsisten antara kata dan perbuatan (berintegritas).

"Seorang advokat harus melaksanakan apa yang dijanjikan. Advokat tidak boleh berbohong," kata doctor Ilmu Hukum dari UI, Depok ini.

Ketiga, seorang advokat mempunyai sikap leading, seorang leader.

Artinya: seorang advokat harus menjadi terdepan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat.

"Advokat bukanlah pribadi yang takut, karena advokat selalu membela yang benar," kata dia.

Menurut Ino, karena dalam diri advokat mengandung tiga hal tersebut, maka di AS dan sejumlah negara maju di dunia, profesi advokat merupakan profesi yang paling bergensi.

Ino mengimbau semua advokat Famara agar lebih membela kebenaran dibanding karena dibayar.

"Uang penting tapi bukan itu yang utama dalam kerja advokat," kata pria yang mengajar ilmu hukum di sejumlah kampus ini.

Baca juga: Advokat TPDI dan Perekat Nusantara Somasi Presiden Jokowi atas Penyalahgunaan Wewenang

Sementara anggota Dewan Penasehat Famara lainnya, Romo Marthen Djenarut PR mengatakan, setiap orang Kristiani yang menjalankan profesi advokat harus meneladani Tuhan Yesus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat