androidvodic.com

Soal Legalisasi Ganja untuk Kebutuhan Medis, Polri Siap Dukung Jika Pemerintah Beri Lampu Hijau - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Polri menyoroti adanya permintaan beberapa pihak untuk segera menggarap aturan agar legalisasi ganja untuk kebutuhan medis.

Institusi kepolisian siap mendukung kebijakan tersebut jika semua pihak terkait telah memberikan aspek legalitas tanaman itu digunakan untuk pengobatan alternatif medis.

"Apa pun yang menjadi kebijakan pemerintah, tentu Polri akan mendukung itu sepanjang kebijakan itu untuk kepentingan masyarakat banyak," kata Karopenmas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Menurut Ramadhan, kebijakan legalisasi ganja untuk medis perlu dibicarakan pihak-pihak terkait.

Hal itu bertujuan agar aspek legalitas dipenuhi melalui proses kajian mendalam dari berbagai stakeholder.

Baca juga: Komisi III DPR Diminta Bersurat ke Jokowi Agar Perintahkan Menkes Beri Ganja Medis untuk Fika 

"Pasti akan dikaji, diatur bagiamana kebijakannya tersebut. Tentu itu melalui proses medis yang ada takarannya pasti," kata Ramadhan.

Ia mengatakan, hingga kini pihaknya belum membuka komunikasi dengan Kementerian Kesehatan dan pihak berwenang perihal legalisasi ganja tersebut.

Ramadhan belum bisa berkomentar lebih lanjut sebelum kebijakan itu final.

Baca juga: Serius Legalkan Ganja untuk Konsumsi Medis, Ahli Sebut Komisi III DPR Bakal Surati Presiden Jokowi

"Ketika digunakan secara berlebihan merupakan penyimpangan, pelanggaran. Tentu pelanggaran itu kami melihat aturannya dan undang-undangnya," kata Ramadhan.

Diberitakan sebelumnya, sosok Santi Warastuti menjadi sorotan usai unggahan foto mengenai aksinya dalam Car Free Day (CFD) Bundaran HI Jakarta pada Minggu (26/6/2022) viral di media sosial.

Melalui akun Twitter pribadinya, penyanyi Andien Aisyah mengunggah foto Santi yang membawa poster besar bertuliskan "Tolong, anakku butuh ganja medis" di tengah keramaian warga.

Dalam aksi tersebut Santi terlihat didampingi seorang pria paruh baya bersama seorang anak yang tergolek lemah di stroller.

Baca juga: Komisi III DPR Gelar Rapat Bahas Legalisasi Ganja Medis, Ini Hasilnya

Rupanya, anak itu adalah Pika, buah hati Santi dan suaminya yang mengidap cerebral palsy atau gangguan yang memengaruhi kemampuan otot, gerakan, hingga koordinasi tubuh seseorang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat