androidvodic.com

Survei Indikator Politik: Tren Kondisi Keamanan Nasional Nyaris Kembali Seperti Sebelum Pandemi - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Temuan survei nasional Indikator Politik Indonesia pada 16 sampai 24 Juni 2022 menyatakan tren kondisi keamanan sudah nyaris kembali seperti sebelum pandemi Covid-19.

Pertanyaan yang diajukan dalam survei tersebut adalah bagaimana Ibu/Bapak melihat keadaan keamanan di negara kita pada umumnya sekarang? Sangat baik, baik, sedang, buruk, atau sangat buruk.

Hasil survei mengungkapkan responden yang menyatakan sangat baik ada 2,6 persen, baik 58,7 % , sedang 27,7 % , buruk 9,3 % , sangat buruk 0,7 % , dan tidak tahu atau tidak jawab 1,0 % .

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan dari data tersebut lebih banyak yang mengatakan kondisi keamanan nasional secara umum lebih baik, ketimbang mereka yang menyatakan buruk.

Melihat hal tersebut, Burhanuddin mengatakan kekhawatiran Indonesia akan menghadapi situasi seperti Sri Lanka yang saat ini sedang diterpa krisis terlalu dibuat-buat.

Baca juga: Survei Indikator Politik: Masyarakat Secara Umum Setuju Rusia dan Ukraina Diundang dalam KTT G20

Hal itu karena bagaimanapun belum ada indikasi yang menunjukkan Indonesia sebagai negara gagal.

Berdasarkan temuan tersebut, ia menduga hasil temuan terkait kondisi keamanan tersebut disebabkan peran kepolisian dan TNI.

selain itu, kondisi ekonomi saat ini mengalami perbaikan meskipun masih ada banyak pekerjaan rumah.

Meski banyak hal yang harus dituntaskan pemerintah, menurutnya ekonomi mengalami perbaikan pasca-pandemi, sehingga membuat kondisi keamanan lebih stabil.

Baca juga: Survei Indikator Politik Juni 2022: Tren Persepsi Kondisi Penegakan Hukum Mulai Meningkat

Menurutnya stabilitas ekonomi sangat menentukan stabilitas keamanan nasional.

Demikian juga sebaliknya, lanjut dia, kalau keamanan nasional tidak bisa dijaga maka akan menyulitkan pemulihan ekonomi.

"Ini trennya. Jadi secara umum kondisi keamanan sudah nyaris balik seperti kondisi sebelum pandemi," kata Burhanuddin saat Rilis Survei Nasional Indikator Politik Indonesia 11 Juli 2022 di kanal Youtube Indikator Politik Indonesia pada Senin (11/7/2022).

"Trennya sempat turun bahkan sampai Bulan April tinggal 54 % yang mengatakan baik. Tetapi terakhir mencapai 61 % dan ini sudah mulai menunjukkan tren kembali seperti sebelum pandemi terjadi," lanjut Burhanuddin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat