androidvodic.com

Tingkatkan Keselamatan Lalu Lintas, Korlantas Polri Gelar FGD hingga Monitoring Patroli Pengawalan - News

News, JAKARTA - Korlantas Polri melakukan sejumlah langkah dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan lalu lintas.

Upaya peningkatan kualitas keselamatan lalu lintas tersebut di antaranya dilakukan melalui pengumpulan verifikasi data kecelakaan, kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) patroli pengawalan, dan menggelar Forum Group Dicussion (FGD) tentang keselamatan lalu lintas di Bali. 

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, masalah keselamatan lalu lintas sudah menjadi perhatian dunia internasional.

Menurut Aan, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lebih tinggi dibandingkan korban meninggal akibat perang dan Covid-19. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas keselamatan berlalu lintas di jalan. Kita tahu bahwa kecelakaan lalu lintas di jalan ini angkanya sangat luar biasa," kata Aan dalam keterangan yang diterima, Jumat (5/8/2022). 

Aan mengungkap tahun 2021, di Indonesia telah terjadi 103 ribu kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sekitar 25 ribu jiwa.

Khusus di Bali, ada 1.700 lebih kecelakaan lalu lintas pada tahun 2021, dengan korban meninggal sekitar 400 orang.

Aan berharap semua stakeholder dapat meningkatkan sinergitas dan berkolaborasinya untuk ikut serta mencegah kecelakaan lalu lintas, dengan memberikan pelayanan terbaik di sektornya masing-masing, mulai dari sarana prasarana di jalan hingga pelayanan bagi pengendara.

Baca juga: Korlantas Polri Segera Implementasikan Aturan Penghapusan Data STNK yang Mati Pajak 2 Tahun

"Semua pilar mendukung untuk menciptakan kualitas keselamatan lalu lintas di jalan, mulai dari kendaraan yang berkeselamatan, manajemen operasional berkeselamatan, perilaku pengemudi yang berkeselamatan, kemudian jalan yang berkeselamata,  dan pos crash. Artinya penanganan kecelakaan lalu lintas ini jangan sampai mengakibatkan jatuh korban," jelasnya. 

Aan juga menyampailan perlunya mengaktifkan kembali forum lalu lintas yang ada di daerah khususnya di Bali. 

Forum itu diharapkan dapat menciptakan ruang untuk meningkatkan kordinasi, kolaborasi sehingga tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban berlalu lintas ini. 

"Penegakan hukum yang kita lakukan ini untuk melindungi masyarakat untuk meningkatkan keselamatan masyarakat dan juga untuk meningkatkan kepedulian dan kepatuhan terhadap aturan yang ada," katanya. 

Kegiatan Korlantas Polri ini dihadiri Kepala Cabang PT Jasa Raharja Bali Abubakar Aljufri, Kepala Divisi Pelayanan PT Jasa Raharja Hervanka Tri Dianto, Kasubdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Karsiman, Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Hotman Sirait, Dirlantas Polda Bali Kombes Ruminio Ardano, para Kasatlantas Polres, perwakilan dari Bapeda, dan staf ahli transportasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat