androidvodic.com

KBRI Kuala Lumpur Pastikan Jenazah Prof Azyumardi Azra Dipulangkan Malam Ini - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Jenazah almarhum Prof Azyumardi Azra telah dapat dipastikan untuk diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Jakarta, Indonesia pada Senin malam ini (19/9/2022).

Demikian pernyataan KBRI Kuala Lumpur

Disebutkan bahwa kemudahan dan fasilitas dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Malaysia, Kementerian Kesehatan Malaysia serta Rumah Sakit Serdang telah menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi yang diperlukan bagi pengiriman jenazah Prof Azra.

"Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono, akan mendampingi istri dan anak almarhum," tulis pernyataan KBRI Kuala Lumpur, pada Senin (19/9/2022).

Direncanakan setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Dubes Hermono akan langsung melakukan serah terima jenazah almarhum kepada Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI, Teuku Faizasyah.

Baca juga: Sosok Azyumardi Azra di Mata Rektor UIN Jakarta: Beliau Adalah Profesor Pembela Perempuan

Selanjutnya, jenazah rencananya akan disholatkan di Masjid Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Ciputat, Tangerang Selatan sebelum dimakamkan keesokan harinya di Taman Makam Pahlawan. 

"Pada saat kepulangan dari Kuala Lumpur, pemerintah Malaysia telah mengutus pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Malaysia untuk menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya almarhum sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh yang dikenal luas tidak hanya di Indonesia namun juga pada masyarakat Malaysia," ujarnya.

Disebutkan bahwa pihak KBRI Kuala Lumpur juga telah berkoordinasi dengan Kemlu RI untuk menerima dan mengurus ketibaan jenazah hingga diserahkan kepada pihak keluarga. 

"Duta Besar Hermono menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati dan dukungan semua pihak yang telah membantu kelancaran proses pemulangan jenazah almarhum kembali ke tanah air," lanjut pernyataan KBRI.

Almarhum Prof Azyumardi Azra wafat pada tanggal 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. 

Baca juga: Putra Sulung Kenang Sosok Almarhum Azyumardi Azra: Bapak Itu Orang yang Kerja Keras

KBRI Kuala Lumpur menyatakan telah melakukan pendampingan kepada almarhum selama perawatan.

Termasuk memfasilitasi kedatangan dan kunjungan keluarga almarhum hingga proses kepulangan jenazah ke Indonesia.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat