androidvodic.com

Jenazah Azyumardi Azra Dimakamkan di TMP Kalibata, Muhadjir Effendy Pimpin Upacara Pemakaman - News

News - Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dimakamkam di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/9/2022) pagi.

Prosesi pemakaman almarhum Azyumardi dilakukan secara militer. 

Adapun tokoh yang bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Berdasarkan pantauan di kanal YouTube Kompas TV, sekira pukul 08.59 WIB, peti jenazah Azyumardi perlahan dimasukkan ke liang lahat.

Kemudian, pihak keluarga memberikan penghormatan terakhir dengan menaburkan bunga di makam. 

Tampak sejumlah pejabat turut mengikuti proses pemakaman almarhum Azyumardi di TMP Kalibata. 

Baca juga: Keluarga Langsung Laksanakan Persemayaman untuk Jenazah Azyumardi Azra di Rumah Duka

Sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, jenazah Azyumardi dishalatkan di Auditorium Harun, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Banten.

Sejumlah tokoh hadir dan turut mengikuti proses shalat jenazah, termasuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Diketahui, Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu (19/9/2022).

Azyumardi dikabarkan terkena serangan jantung saat menuju Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (17/9/2022).

Kemudian, jenazah Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra diberangkatkan ke Indonesia dan tiba di rumah duka pada Senin (19/9/2022) malam.

Rumah duka berada di Perumahan Puri Laras II, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Diberitakan News, jenazah Azyumardi Azra dibawa menggunakan kendaraan ambulans berwarna putih dan diiringi keluarga, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 23.05 WIB.

Setibanya di lokasi, peti jenazah Azyumardi Azra yang dibalut kain berwarna merah putih dikeluarkan dari mobil oleh petugas dan langsung dibawa ke teras rumah.

Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dishalatkan di Auditorium Harun, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Banten, Selasa (20/9/2022).
Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dishalatkan di Auditorium Harun, Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Banten, Selasa (20/9/2022). (Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat