androidvodic.com

Progres Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub Capai 84 Persen, Berikut Penampakannya - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang terletak di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, pembangunannya telah mencapai 84,137 persen.

Pembangunan gedung  untuk pengembangan bakat dan keterampilan anak muda Papua tersebut diinisiasi Kepala Badan Intelijen Negera (BIN) Budi Gunawan bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gedung yang dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare tersebut pun disambut antusias masyarakat Papua.

"Pembangunan Gedung PYCH ini mencapai 84,137 persen," kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim saat meninjau Gedung PYCH dilansir Selasa (20/9/2022).

Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya pun meninjau dan mengecek langsung pembangunan gedung itu untuk memastikan pembangunan berjalan dengan baik, berkualitas, dan sesuai dengan yang diharapkan.

Hadir juga dalam peninjauan itu Koordinator PMI Billy Mambrasar serta kontraktor pelaksana PT Nindya Karya (Persero) dan sejumlah tokoh lainnya.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Papua Muda Inspiratif Sampaikan Progres Program Ketahanan Pangan dan Gedung PYCH

Menurut Corneles, pembangunan gedung ini dimulai pada Oktober 2021.

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) 12
Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang terletak di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Progres pembangunannya kini sudah mencapai 84 persen.

Rencananya, gedung ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022 atau paling lambat Desember 2022.

"Kita membangun gedung ini dengan kualitas sangat baik. Pak Jokowi rencananya akan meresmikan gedung ini," kata Corneles.

Baca juga: Papua Muda Inspiratif Bersama BIN Resmikan Pusat Produk UMKM di Mimika

Gedung ini nantinya memiliki berbagai fasilitas, di antaranya dapat digunakan untuk co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, asrama, dan fasilitas olahraga.

Luas bangunan utama sekitar 3.520 meter persegi dan bangunan penunjang 1.812 meter persegi.

Bangunan PYCH nantinya juga dilengkapi bangunan dormitory atau ruang asrama serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor dan lanskap.

Baca juga: Gubernur dan Bupati Dukung Papua Muda Inspiratif Wujudkan Kesejahteraan di Bumi Cenderawasih

Selain itu, Cornelis mengatakan desain arsitektur gedungnya diambil dari rumah adat di Papua, yaitu rumah adat Kariwari dan rumah adat Honai.

Gedung ini juga bakal menampilkan ornamen yang berasal dari tujuh daerah di Papua.

"Ornamen 7 wilayah adat. Titik-titiknya sudah di desain, tinggal dipasang," katanya.

Baca juga: Papua Muda Inspiratif akan Manfaatkan Traktor Pemberian BI untuk Buka Lahan Pertanian Jagung

Groundbreaking gedung PYCH ini dilakukan Jokowi pada Oktober 2021 lalu. Kepala BIN Budi Gunawan saat itu turut memberikan sambutan.

Nantinya, anak muda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan binaan BIN akan menggunakannya untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Serta menjadi garda terdepan dalam menggerakkan pemuda untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat