androidvodic.com

Periksa Pramugari RDG Airlines, KPK Selisik Soal Private Jet First Class-Aliran Uang Lukas Enembe - News

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelisik penggunaan pesawat jet pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe.

Hal itu didalami tim penyidik saat memeriksa pramugari PT RDG bernama Tamara Anggraeny, Senin (3/10/2022) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dugaan adanya penggunaan private jet dengan layanan first class oleh tersangka LE (Lukas Enembe)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Selasa (4/10/2022).

Tak hanya soal penggunaan private jet first class, Tamara juga diselisik KPK soal dugaan aliran uang Lukas Enembe ke sejumlah pihak.

"Kemudian dikonfirmasi juga mengenai pengetahuan saksi soal dugaan uang yang diberikan tersangka ke beberapa pihak," imbuh Ali.

Usai diperiksa, Tamara Anggraeny mengungkap bahwa Lukas Enembe sering menyewa private jet milik orang Singapura saat melakukan perjalanan ke luar negeri.  

"Punya pribadi orang Singapura," ucap Tamara kepada awak media di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022) petang. 

Tamara menyebut Lukas menyewa private jet lebih dari satu kali. 

Hanya saja, ia mengaku lupa ketika ditanya mengenai tujuan penerbangan Lukas. 

"Banyak banget beberapa kali," kata dia singkat. 

Pramugari Pesawat Jet Pribadi Tamara Anggraini saat ditemui awak media usai pemeriksaan KPK dalam kapasitasnya sebagai saksi pada kasus Gubernur Papua Lukas Enembe, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).
Pramugari Pesawat Jet Pribadi Tamara Anggraini saat ditemui awak media usai pemeriksaan KPK dalam kapasitasnya sebagai saksi pada kasus Gubernur Papua Lukas Enembe, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022). (News/Rizki Sandi)

Tim penyidik lembaga antirasuah itu sebelumnya sudah mendalami penyewaan private jet yang digunakan Lukas dan keluarganya. 

Materi itu didalami lewat pemeriksaan terhadap Direktur Asia Cargo Airline Revy Dian Permata Sari, Selasa (27/9/2022). 

"Saksi hadir didalami pengetahuan saksi di antaranya soal adanya beberapa kali sewa private jet yang dilakukan oleh LE [Lukas Enembe] dan keluarga," kata Ali Fikri beberapa waktu lalu. 

Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) membeberkan perjalanan Lukas Enembe ke luar negeri sepanjang periode Desember 2021-Agustus 2022. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat