androidvodic.com

Hadiri Wisuda UNISDA, Diaz Hendropriyono Bicara Inovasi Berbasis EBT Seperti Motor Listrik   - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono menyampaikan tentang pentingnya pola hidup baru dengan dukungan riset dan penelitian terbarukan.

Menurut Diaz, pola hidup baru dibutuhkan mengingat angka populasi masih diproyeksikan membesar sedangkan daya dukung bumi terbatas.

Hal itu disampaikan Diaz saat orasi ilmiah dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Darul Ulum (UNISDA) Lamongan dalam rangka Wisuda Sarjana/Pascasarjana tahun 2022 di Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (29/10/2022).

“Aktivitas kehidupan dan perilaku manusia yang mengalami peningkatan, baik jumlah populasi maupun angka harapan hidup, telah signifikan mengotori bumi sehingga mengancam keberlangsungan makhluk hidup ke depannya," kata Diaz.

Diaz pun menegaskan bahwa dibutuhkan inovasi-inovasi di berbagai sektor kehidupan, sebagai solusi yang tidak memerlukan banyak lahan dan air sekaligus tidak menimbulkan banyak gas emisi.

“Bukan hanya perubahan perilaku, tetapi perlu adanya dorongan untuk riset agar ada inovasi-inovasi di sektor pangan, agrikultur, transportasi, retail, hingga tempat tinggal,” tegas Diaz.

Sebagai contoh, Diaz juga menyampaikan bahwa kendaraan listrik, khususnya motor listrik, terus didorong oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu bentuk inovasi di sektor transportasi.

“Dari sektor transportasi salah satunya adalah kendaraan listrik. Presiden Jokowi sudah mendorong agar Indonesia transisi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik agar tidak mengeluarkan CO2 ketika jalan. Sudah ada target dari Pak Presiden untuk mengadopasi 2 juta kendaran listrik pada 2025,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNISDA Muhammad Hafidh Nashrullah menyampaikan sambutan kepada 455 wisudawan/wisudawati, bahwa setiap orang unik sehingga perlu mengenali potensi diri di bidangnya.

Baca juga: Stafsus Presiden: Peningkatan Produksi United E-Motor Jadi Bukti Percepatan Target Motor Listrik

“Kalian semua diciptakan oleh tuhan secara unik. Meskipun jurusannya dan umurnya sama, tetapi sentuhan ilahiah di hati dan skill pasti berbeda-beda, maka pastikan kenali potensi kalian di bidang masing-masing,” ujar Hafidh.

Kegiatan ini dibuka dan ditutup oleh Ketua Senat UNISDA M. Afif Hasbullah yang juga menjabat sebagai Ketua KPPU RI dan dihadiri oleh Ketua Yayasan LPIS Darul Ulum Lamongan Siti Djamilah serta sivitas akademika UNISDA lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat