androidvodic.com

Politisi Golkar Dorong agar Pemerintah Sediakan STB Gratis untuk Masyarakat - News

News, JAKARTA - Kebijakan pemerintah melakukan migrasi dari siaran televisi analog menjadi digital patut diapresiasi.

Namun di sisi lain, ada masalah yang muncul lantaran tidak semua lapisan masyarakat mampu membeli Set Top Box (STB) untuk bisa menikmati siaran televisi tersebut.

Demikian pendapat tersebut disampaikan advokat sekaligus politisi Partai Golkar Henry Indraguna.

Menurutnya, STB gratis yang disediakan pemerintah tidak cukup dan kurang banyak.

"Saat saya turun ke daerah-daerah banyak yang mengeluhkan harga STB yang mahal, terutama di Jawa Tengah," ujar Henry melalui pesan tertulis, Jumat (9/12/2022).

Menurut Henry yang juga anggota Dewan Pakar Partai Golkar saat ini para penjual STB kian berani menaikkan harga barang karena permintaan yang tinggi.

Hal ini, katanya jelas menyengsarakan rakyat kecil.

Baca juga: Ketua Komisi I DPR: Kementerian Kominfo Harus Pastikan Distribusi STB Tepat Sasaran

"Bayangkan di daerah harga STB bisa mencapai Rp 500 ribu per unitnya. Seharusnya STB ini gratis didapatkan masyarakat, berhubung digitalisasi tevelisi adalah program pemerintah," kata Henry yang juga anggota tim ahli bidang hukum dan perundang-undangan Wantimpres.

Henry menduga ada banyak 'mafia' yang bermain menimbun STB, sehingga terjadi kelangkaan di pasaran dan membuat harganya terus merangkak naik.

Akibatnya Masyarakat di daerah tidak bisa menonton televisi, karena tidak memiliki daya beli.

"Saya dorong pada pemerintah baik tingkat pusat, hingga daerah untuk membuat program pengadaan STB gratis bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali," kata Henry.

Henry menekankan STB yang diberikan gratis juga harus yang berkualitas baik, karena akses komunikasi dan informasi adalah salah satu hak dasar masyarakat di negara demokrasi.

Berita ini tayang di Warta Kota dengan judul: Advokat Henry Indraguna Dorong Pemerintah Gratiskan STB Bagi Semua Lapisan Masyarakat 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat