androidvodic.com

Ketika Jenderal Andika Pimpin Latihan Pembebasan Sandera Hingga Dapat Brevet Anti Lawan Bajak Udara - News

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terlibat langsung dalam latihan Trisula Perkasa yang digelar Oktober 2022 lalu.

Video aktivitas Jenderal Andikasa dalam latihan tersebut pun dibagikan dalam akun youtubenya Jenderal TNI Andika Perkasa, Minggu (11/12/2022).

Ia memimpin langsung operasi Albara atau Anti Lawan Bajak Udara yang digelar Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU.

Adapuan skenario latihan berupa pembebasan sandera di dalam pesawat oleh Albara Satbravo 90 Kopasgat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Diketahui latihan operasi Albara tersebut dilakukan TNI AU untuk pengamanan presidensi G20 yang sudah berlangsung pada pertengahan November 2022 lalu.

Dalam tayangan youtube yang dibagikan, terlihat Jenderal Andika Perkasa terlebih dahulu mengecek kesiapan pasukan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Mengenakan helm tactical, rompi antipeluru, alat komunikasi dan perlengkapan lainnya yang melekat di tubuhnya, Jenderal Andika mengecek perlengkapan pasukan.

Latihan Trisula Perkasa bertujuan meningkatkan kemampuan dan melatih kesiapsiagaan Prajurit Kopasgat TNI AU dengan melibatkan sejumlah alutsista yang dimiliki. Seperti GPS Jammer, Rudal QW-3, Ransus anti bajak udara MIT Ares, Ransus M3CS, Ranpur ILSV dengan kemampuan Remote Control Weapon System (RCWS), Mortir, Senjata Lawan Tank, Gatling, sniper anti material dan drone pengintai.

Setelah mengecek perlengkapan, Jenderal Andika pun terbang bersama pasukan Satbravo 90 Kopasgat TNI AU menggunakan pesawat hercules ke Bandara Kertajati.

Baca juga: Doa Panglima TNI Andika Perkasa untuk Kaesang-Erina: Semoga Ini Pertama dan Terakhir

Dalam pesawat tersebut terlihat sejumlah kendaraan khususnya kendaraan khusus M3CS.

Kendaraan khusus M3CS ini merupakan suatu alat yang bisa memantau langsung kegiatan personel dan semua objek yang terlibat dalam kegiatan.

Semua pergerakan pasukan dan objek yang terlibat tidak bisa luput dari pemantauan M3CS, sehingga berdasarkan keadaan riil pemberi komando tidak akan memberikan keputusan salah.

Setelah beberapa waktu, pesawat yang digunakan Jenderal Andika bersama pasukan Satbravo 90 Kopasgat TNI AU tiba di Bandara Kertajati.

Setelah pesawat mendarat dan kendaraan MC3S dikeluarkan, Jenderal Andika Perkasa pun langsung bergegas masuk ke kendaraan komando tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat