androidvodic.com

Tinjau Pemugaran Candi Prambanan, Wapres: Tunjukan Toleransi Beragama Tinggi - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meninjau  Pemugaran Kompleks Candi Prambanan, Jl. Raya Solo-Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu pagi (11/12/2022).

Ma'ruf menilai Candi Prambanan merupakan bukti tingginya kebudayaan Indonesia.

"Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sudah lama memiliki kebudayaan yang tinggi. Karena itu, ini bisa menjadi dorongan, motivasi, kepada kita untuk bisa berkarya sebagai bangsa lebih baik," ujar Ma'ruf melalui keterangan tertulis, Minggu (11/12/2022).

Dirinya mengatakan kehadiran Candi Prambanan merupakan bukti toleransi di Indonesia.

Tingginya toleransi antarumat beragama, menurut Ma'ruf, menjadi penanda kerukunan masyarakat yang sudah sepatutnya untuk dijaga bersama.

"Sekalipun di sekitar ini semua orang (mayoritas) beragama Islam, tapi peninggalan agama Hindu dan Buddha itu tetap dijaga, diperhatikan, bahkan dirawat dengan baik. Itu juga menunjukkan toleransi beragama di Indonesia sangat tinggi, kerukunannya juga dijaga," ungkap Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, adanya pemeliharaan kawasan Candi Prambanan menjadi penanda kepada masyarakat global bahwa Indonesia sudah lama mengenal peradaban dan memiliki budaya yang luhur.

Sehingga mampu menjadi salah satu warisan budaya yang diakui dunia.

"Ini kita menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia itu sudah lama mengenal peradaban dan memiliki kerja karya yang luar biasa yang menjadi keajaiban [dunia]," pungkas Ma'ruf.

Sebagai informasi, Candi Prambanan sedang dalam tahapan pemugaran Candi Perwara Deret I No. 5. Pemugaran yang dilakukan selama 10 bulan, terhitung sejak 21 Februari hingga 22 Desember 2022.

Baca juga: Wejangan untuk Kaesang-Erina, Maruf Amin: Rumah Tangga yang Baik Membentuk Masyarakat yang Baik

Pembangunan ini bertujuan untuk mengembalikan bangunan candi ke dalam bentuk aslinya, serta memperkokoh bangunan agar tahan terhadap gempa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat