androidvodic.com

Profil 3 Menteri NasDem Diisukan Bakal Di-reshuffle: Johnny G Plate, Siti Nurbaya, Syahrul Yasin - News

News - Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju semakin menguat seiring Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal kemungkinan adanya perombakan para menteri.

Hal ini disampaikan Jokowi setelah meresmikan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

"Mungkin," katanya singkat.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai menteri yang berpeluang di-reshuffle oleh Jokowi adalah mereka yang berasal dari Partai NasDem berdasarkan dari situasi politik, buntut mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

Kendati demikian, Dedi menyebut cukup banyak menteri lainnya yang juga layak di-reshuffle.

"Secara politik NasDem berpeluang, tetapi dari sisi kinerja menteri yang lain pun banyak yang layak diganti," kata Dedi, Jumat.

Baca juga: Tak Masalah Jika Kadernya Kena Reshuffle, NasDem: Itu Haknya Jokowi

Menanggapi isu menteri dari partainya bakal di-reshuffle, Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali, mengaku tak masalah.

Pasalnya, kata Ahmad Ali, reshuffle merupakan hak Presiden.

"Kalau kemudian (Menteri) NasDem di-reshuffle oleh pemerintah saya menganggap mungkin kader NasDem dianggap tidak cakap dalam membantu Jokowi," kata Ali kepada News, Sabtu (24/12/2022).

"Apa masalahnya buat kami? Kan kewenangan copot dan tidak copot Jokowi. Kalau kemudian dia mencopot apa kami harus berani?" tambahnya.

Setidaknya, ada tiga menteri Kabinet Indonesia Maju yang berasal dari NasDem.

Mereka adalah Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar; serta Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Dirangkum News, berikut ini profil ketiganya:

1. Profil Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2022). Rapat tersebut membahas penyesuaian RKA Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Tahun Anggaran 2023.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2022). Rapat tersebut membahas penyesuaian RKA Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Tahun Anggaran 2023.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat