androidvodic.com

Demokrat Ingatkan NasDem: Koalisi Ini Bisa Bubar, Jangan Merasa Paling Mendominasi - News

News, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengingatkan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali bahwa bakal Koalisi Perubahan bisa bubar.

Hal itu merespons pernyataan Ali soal kriteria calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan, yakni sosok yang berpengalaman di pemerintahan.

"Pokoknya Bang Ahmad Ali ini tiap minggu ada terus nama baru keluar dari mulutnya. Lama-lama koalisi ini bubar karena pernyataan-pernyataannya," kata Jansen dalam cuitannya di Twitter, dikutip pada Rabu (18/1/2023).

Jansen menyarankan Ali agar apabila ada ide disampaikan melalui tim kecil, bukan diumbar ke publik.

"Secara resmi kan sudah ada tim 3 partai yang kita bentuk untuk bahas ini. Jika ada usul nama, ide dan lain-lain sampaikan lewat itu. Bukan diumbari ke publik," ujarnya.

Karenanya, ia meminta kader Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai NasDem menjaga komunikasi publik.

Jansen lalu membandingkan jumlah perolehan kursi antara ketiga partai tersebut, di mana NasDem ada 59, Demokrat 54, dan PKS 50.

"Jadi mari kita kader 3 partai ini tertib komunikasi ke publik. Karena beda kursi NasDem/Demokrat/PKS itu tipis-tipis aja sebenarnya: 59/54/50," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jansen mengingatkan agar tak ada yang merasa paling mendominasi dalam rencana Koalisi Perubahan tersebut.

"Jadi jangan ada yang merasa sok paling mendominasi dengan terus buat pernyataan sesuka pikirannya," imbuhnya.

Selain Ali, sebelumnya Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choirie atau Gus Choi menilai jika tokoh dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) berpotensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan di 2024.

Gus Choi mengakui jika hingga saat ini Partai NasDem belum mengusulkan siapa cawapres Anies, namun tokoh dari NU juga dinilainya layak dipertimbangkan.

Ia menuturkan beberapa tokoh dari NU berpotensial jadi cawapres Anies, seperti Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang akrab disapa Yenny Wahid, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin.

Baca juga: Surya Paloh Instruksikan para Kader NasDem soal Cawapres Diserahkan kepada Anies Baswedan

"Nama-nama yang mungkin pantas untuk dipertimbangkan untuk jadi cawapres Anies dari kalangan NU mislanya ada Khofifah, ada Saifullah Yusuf, ada Yenny Wahid, ada Gus Yasin," kata Gus Choi saat dihubungi, Kamis (12/1/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat