androidvodic.com

Papua Muda Inspiratif Gelar Bimbingan Belajar Bagi Pemuda yang Berminat Masuk Sekolah Kedinasan - News

News, JAKARTA -  128 anak muda Papua mengikuti bimbingan belajar untuk masuk sekolah kedinasan yang digelar Papua Muda Inspiratif (PMI) di gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua.

Selain secara langsung, bimbingan belajar juga dilakukan melalui aplikasi manajemen talenta nusantara (MTN).

Koordinator Umum PMI, Billy Mambrasar mengatakan aplikasi yang dikembangkan Papua Muda inspiratif tersebut dapat memberikan akses modul-modul pembelajaran untuk anak-anak Papua dalam mempersiapkan diri ikut test masuk sekolah kedinasan.

Kata Billy, simulasi tes yang dilakukan sama persis dengan tes rea seperti yang akan mereka hadapi nanti pada saat mereka mengisi soal kedinasan berupa tes wawasan kebangsaan, tes bakat potensial hingga psikologi.

Staf Khusus Presiden Jokowi tersebut menuturkan setelah pre test dilakukan, ratusan anak muda Papua itu akan dibimbing selama tujuh hari untuk diberikan pembekalan bagaimana cara menyelesaikan soal-soal test kedinasan.

Setelahnya, akan ada post test untuk membandingkan nilai mereka sebelum dan setelah bimbingan belajar kedinasan.

"Dengan adanya pre test bimbingan kedinasan ini, diharapkan Anak-anak papua mendapat bekal untuk persiapan mengikuti tes kedinasan, sehingga mereka dapat masuk sekolah kedinasan sesuai dengan minat mereka,"  kata Billy dalam keterangannya, Rabu (15/2/2023).

Seorang peserta, Fedelia mengaku senang dapat ikut pembelajaran tersebut karena bisa menambah ilmu pengetahuan dan mempunyai gambaran untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan.

“Semoga dengan saya ikut bimbel ini bisa bermanfaat untuk nanti ikut tes sekolah kedinasan pada saat nanti dibuka pendaftarannya," katanya.

Ia pun berharap dirinya bisa diterima masuk di sekolah kedinasan.

"Saya berharap saya bisa di terima di sekolah kedinasan dan menjadi salah satu anggota kedinasan," ucapnya.

Baca juga: Kisah Aktivis Papua Muda Inspiratif Maria Fransisca, Finalis Puteri Indonesia Jadi Peternak Sukses

PMI Mempersiapkan Anak Muda Papua

Billy mengatakan pihaknya mempersiapkan pemuda di Tanah Papua untuk bisa mengisi ruang kedinasan yang kini terbuka lebar, setelah pemerintah melakukan pemekaran di Tanah Papua.

Diketahui terdapat empat provinsi baru saat ini di Papua.

Empat provinsi baru itu yakni Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Sebelumnya, Papua hanya ada provinsi Papua dan Papua Barat.

"Papua punya empat provinsi baru, jadi totalnya akan ada enam provinsi, dimana untuk perekrutan provinsi baru dibutuhkan aparatur sipil negara sebanyak dua ribu sampai tiga ribu orang, dan generasi muda disini harus disiapkan untuk mengisi posisi tersebut. Kalau tidak maka siapa yang akan menjalankan birokrasi pemerintahan," kata Billy.

Billy mengatakan, PMI bekerjasama dengan komunitas ruang kedinasan Jayapura mengadakan kegiatan bimbingan belajar ini, bagi anak muda yang ingin masuk sekolah kedinasan.

Baca juga: Persiapan Jelang Peresmian Gedung PYCH, Ini yang Dilakukan Papua Muda Inspiratif

Sekolah kedinasan diantaranya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) hingga Politeknik Keuangan Negara STAN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat