androidvodic.com

Gugat PP 124/2021, Lokataru: Pembentukan Bank Tanah Merupakan Pembangkangan atas Putusan MK - News

News, JAKARTA - Kantor Hukum dan HAM Lokataru bersama sembilan organisasi masyarakat melakukan uji formil Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 124 Tahun 2021 Tentang Modal Badan Bank Tanah ke Mahkamah Agung (MA), Jumat (17/2/2023).

Kuasa Hukum Lokataru Nurkholis Hidayat mengatakan pihaknya bersama organisasi masyarakat tersebut memiliki perhatian besar khususnya kepada aspek konstitusionalitas institusi Bank Tanah ini.

Menurutnya, pembentukan Bank Tanah ini tak sesuai dengan ketentuan dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami melihat bahwa ugal-ugalannya pemerintah dalam terus mendororong pembentukan Bank Tanah menurut keyakinan kami adalah sebagai bentuk pembangkangan hukum terhadap putusan Mahkamah Konstitusi,” kata Nurkholis di Gedung MA, Jakarta Pusat, Jumat.

Ia menambahkan bahwa kehadiran Bank Tanah ini mencederai Indonesia sebagai negara hukum.

Di sisi lain, ia mengatakan bahwa Bank Tanah sebenarnya justru tidak menjamin kepastian hukum bagi semua pihak. 

“Ini tidak memberikan kepastian hukum bagi semua kalangan, baik itu pengusaha dan dalam hal ini kelompok korban yang terkena dampak,” katanya.

Ketidakpastian ini, kata Nurkholis, menjadi salah satu alasan Lokataru mengajukan uji formil terhadap PP tersebut.

Ia pun berharap gugatan yang diajukan 10 organisasi masyarakat ini dapat diproses dan dikabulkan oleh Mahkamah Agung.

Sebab, kata dia, hingga saat ini Bank Tanah terus melakukan pemberian patok di sejumlah bidang tanah di beberapa tempat yang diklaim oleh badan tersebut.

Sementara itu, masyarakat juga bersikukuh bahwa tanah yang diklaim milik Bank Tanah itu merupakan miliknya.

“Karena apapun itu kebijakan harus memberikan proteksi terhadap masyrakat, memberikan perlindungan HAM, tidak hanya sekadar memberikan kepastian berusaha ataupun memberikan kemudahan bagi investor untuk akses terhadap tanah,” kata Nurkholis.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 10 organisasi masyarakat melakukan uji formil Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 124 Tahun 2021 Tentang Modal Badan Bank Tanah ke Mahkamah Agung (MA), Jumat (17/2/2023).

Gugatan ini merupakan lanjutan dari pengajuan uji formil dan materil Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2021 tentang Badan Bank Tanah yang telah didaftarkan pada Senin, (13/2/2023) kemarin.

Baca juga: Hanya Untungkan Korporasi, Partai Buruh Tolak Konsep Bank Tanah Omnibus Law

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat