androidvodic.com

Dosen UII yang Hilang di Norwegia Terdeteksi di AS, Rektor UII: Misi Utama Bawa Pulang ke Indonesia - News

News - Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama, yang dilaporkan hilang di Norwegia kini terlacak berada di Boston, Amerika Serikat (AS).

Rekor UII, Fathul Wahid menyatakan, Ahmad Munasir Rafie Pratama berada di Boston, tetapi tidak diketahui lokasi detailnya.

Hingga saat ini, kata Fathul, Ahmad Munasir Rafie Pratama belum bisa dihubungi.

"Sampai saat ini AMRP (Ahmad Munasir Rafie Pratama) belum bisa dihubungi," kata Fathul Wahid, dikutip dari Wartakotalive.com, Minggu (19/2/2023).

Fathul mengaku, pihaknya juga tidak mengetahui secara pasti alasan mengapa Ahmad Munasir Rafie Pratama terbang menuju Boston setelah kembalinya dia dari Oslo melalui Istanbul dan tidak langsung kembali ke Indonesia.

Baca juga: Dosen UII Ahmad Munasir Dipastikan Telah Tinggalkan Norwegia, Hilang Kontak usai Tiba di Istanbul

Rektor UII: Misi Utama Kami Sekarang Bawa Rafie Pulang

Fathul mengatakan misi utama pihaknya saat ini adalah bisa membawa Rafie pulang ke Indonesia agar bisa berkumpul kembali bersama keluarga.

“Misi utama kami sekarang adalah membawa mas Rafie pulang, berkumpul bersama keluarga dan mengabdi di UII,” ujar Fathul, dikutip dari Tribunjogja.com, Senin (20/2/2023).

Pihaknya, kata Fathul, juga tidak mengetahui bahwa Rafie mengubah rute penerbangan.

“Jujur, kami tidak tahu kalau mas Rafie mengubah rute penerbangan. Maka kami lapor ke polisi untuk laporan orang hilang. Kami belum tahu motifnya apa,” papar Fathul lagi.

Pelacakan Rafie oleh Tim UII

Fathul pun menceritakan bagaimana Tim UII bisa melacak posisi terakhir Rafie.

Dengan teknologi yang dimiliki, pihaknya bisa mendapatkan jejak Rafie pada 12-13 Februari 2023 berupa akses Virtual Private Number (VPN), koneksi khusus yang dimiliki akademisi UPN, yakni eduVPN dan sign out email.

Fathul menyebut, Rafie sempat mengakses eduVPN dengan menggunakan HP pada 12 Februari 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat