androidvodic.com

Dankor Brimob Komjen Anang Lantik Tiga Pimpinan Pasukan Brimob di Mako Brimob Kelapa Dua Depok - News

News, JAKARTA - Komandan Korp Brimob Polri Komjen Anang Revandoko meresmikan struktur organisasi dan melantik tiga komandan Pasukan Korp Brimob 1,2 dan 3 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jum'at (10/3/2023).

Dilakatakan Anang, nantinya tiap-tiap komandan akan memimpin pasukannya di wilayah berbeda dan akan mengemban pangkat Brigadir Jenderal atau Brigjen usai resmi dilantik.

"Nantinya Pas Brimob 1 di wilayah Barat, Pas Brimob 2 di wilayah tengah dan Pas Brimob 3 di wilayah timur," kata Anang di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Jum'at (10/3/2023).

Adapun rincian wilayah masing-masing pasukan, dijelaskan Anang, untuk Pasukan Brimob 1 yang dipimpin Brigjen Pol Firly Samosir nantinya akan ditempatkan di wilayah barat tepatnya di wilayah Aceh dan Sumatera.

Sementara itu, untuk Pasukan Brimob 2 dibawah pimpinan Brigjen Pol Arief Budiman akan difokuskan di Kalimantan Timur atau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru.

"Bagaimana Pas Brimob 2 menjaga kebijakan pemerintah kita yaitu persiapan IKN yang ada di Kalimantan Timur," ucapnya.

Sedangkan untuk Pasukan Brimob 3 dibawah pimpinan komandan pasukan Brigjen Pol Gatot Haribowo akan berkedudukan di Kabupaten Mimika, Papua.

Atas pelantikan itu dijelaskan Anang, bahwa pihaknya ingin satuannya itu mendekatkan masalah yang ada di wilayah tanah air.

"Dengan kemampuan profesional dan modern dalam konteks melindungi masyarakat Korp Brimob mendekatkan pada sumber-sumber masalah, Brimob hadir di Republik Indonesia," pungkasnya.

Sejumlah pasukan Brimob bersiaga diatas motor membawa senjata di Kawasan Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kis(1/4/2021). Ledakan bom di Gereja Katdral, Makasar dan penembakan teroris di Mabes Polri membuat  petugas keamanan meningkatkan penjagaaan di kawasan ibu kota. (WARTAKOTAHenry Lopulalan)
Sejumlah pasukan Brimob bersiaga diatas motor membawa senjata di Kawasan Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kis(1/4/2021). Ledakan bom di Gereja Katdral, Makasar dan penembakan teroris di Mabes Polri membuat petugas keamanan meningkatkan penjagaaan di kawasan ibu kota. (WARTAKOTAHenry Lopulalan) (WARTAKOTA/Henry Lopulalan)

Seperti diketahui, dilansir Kompas.com, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah resmi memperkuat Korps Brigade Mobil (Brimob) dan akan membentuk tiga Pasukan Brimob (Pas Brimob).

Kepala Bagian Perencanaan (Kabagren) Korps Brimob Polri Kombes Rudy Harianto menyebutkan nantinya masing-masing Pas Brimob akan memiliki sekitar empat resimen.

Sehingga, secara total ada sekitar 36.000 personel yang akan untuk ditugaskan di ketiga Pasukan Brimob 1, 2 dan 3.

Adapun satuan tersebut akan bertugas untuk mengemban tugas pembinaan dan pengerahan kekuatan dalam memberikan bantuan taktis operasional ke wilayah masing-masing.

"Masing-masing PASBM (Pasukan Brimob) ada empat resmien," kata Rudy saat dikonfirmasi, Senin (13/6/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat