androidvodic.com

Dialog dengan Pedagang di Pasar Senen, Mendag Janji Cari Solusi untuk Penjual Pakaian Bekas - News

Laporan Wartawan Tiibunnews.com, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan berdialog dengan para pedagang pakaian bekas di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat pada Kamis (30/3/2023).

Dalam kesempatan itu Zulhas mendengar uneg-uneg para pedagang dan berjanji mencari solusi terbaik.

Zulhas menyebut para pedagang barang impor bekas (thrifting) yang masih memiliki baju dagangan untuk dijual dipersilakan untuk menjual barangnya sampai habis.

Namun terkait penyelundup barang - barang impor bekas ilegal, Zulhas meminta kepada aparat penegak hukum untuk terus mengejar para pelaku.

"Kami meminta aparat penegak hukum di manapun untuk mengejar penyelundup pakaian bekas ilegal. Kami akan diskusi lagi bagaimana dagangnya makin bagus. Jadi tidak usah khawatir, baju yang sudah terlanjur dijual bisa dijual sampai habis," kata Zulhas.

Pedagang Pasar Senen merasa lega Mendag memberikan jaminan pakaian bekas yang terlanjur mereka jual bisa dijual sampai habis.

"Yang sekarang bisa dijual sampai habis," jelasnya lagi.

Lebih lanjut Ketum PAN ini mengungkap bahwa pemerintah akan terus berdiskusi dan mencarikan solusi untuk para pedagang pakaian impor bekas. Ia menyebut bahwa barang impor bekas diperbolehkan dijual asal sesuai dengan acuan regulasi dalam UU dan tidak ilegal. Zulhas kembali menegaskan bahwa barang impor ilegal yang jadi fokus pemberantasan oleh aparat penegak hukum.

"Kami sudah diskusi, pemerintah diatur oleh undang-undang, begitu juga ekspor impor. Kita tidak boleh impor barang bekas, kecuali yang diatur. Apalagi barang ilegal, itu yang diberantas aparat penegak hukum," jelasnya.

Adapun dalam dialog bersama pedagang di Pasar Senen, Zulhas didampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, dan anggota DPR RI Komisi VII Adian Napitupulu.

Baca juga: Mendag Zulhas Izinkan Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Jual Stok Dagangan Hingga Habis

Adian sendiri mengapresiasi langkah Zulhas yang punya nyali untuk berdialog dengan para pedagang pakaian bekas di Pasar Senen.

"Terima kasih Pak Menteri. Menteri bernyali, keren," kata Adian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat