androidvodic.com

Anies Ungkap Pilih Salat di Masjid Istiqlal karena Tidak Ada Salat Idul Fitri di JIS - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

News, JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta.

Anies tidak keluar dari pintu Assalam yang merupakan pintu VIP melainkan keluar dari pintu Al Malik yang merupakan pintu VVIP, dimana Wakil Presiden KH Maruf Amin juga keluar dari pintu itu.

Diduga alasan Anies dan keluarga keluar dari pintu VVIP karena sang ibunda yang mengharuskan menaiki kursi roda bisa menggunakan lift untuk turun dari Masjid Istiqlal.

Adapun di Masjid Istiqlal Jakarta, Anies mengikuti Salat Idul Fitri bersama sejumlah pejabat tinggi negara, diantaranya Wapres Maruf Amin hingga mantan Wapres Jusuf Kalla.

Sejumlah pejabat diantaranya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang salat di Masjid Istiqlal.

Baca juga: Ucapkan Selamat pada Ganjar Pranowo, Anies Baswedan: InsyaAllah Amanat Bisa Dibawa dengan Baik

Anies pun menjelaskan alasannya melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal bersama wapres dan mantan wapres.

Sambil disusul tawa kecil khasnya, Anies menyebut lantaran di Jakarta International Stadium (JIS) tak menggelar Salat Idul Fitri di tahun ini.

 Hal itu berbeda dengan tahun lalu kala Anies masih menjabat Gubernur DKI Jakarta yang menggelar Salat Idul Fitri di JIS untuk pertamakalinya.

"Karena ga ada di JIS. Kalau ada di JIS saya salat di sana," kata Anies sambil tersenyum usai Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Diketahui, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono tak melanjutkan peninggalan Anies yang menggelar Salat Idulfitri di JIS.

Heru dan jajaran Pemprov DKI Jakarta menggelar Salat Idul Fitri di Balai Kota DKI Jakarta.

Selain itu, Anies juga membantah dirinya memilih Salat Idul fitri di Masjid Istiqlal ketimbang di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru karena ada Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Emang dari awal kita di sini," kata Anies.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat