androidvodic.com

Kemenhub: Hindari Perjalanan pada 30 April dan 1 Mei 2023 yang Menjadi Puncak Arus Balik Kedua - News

News - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk menghindari perjalanan balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

Kemenhub mengatakan, masih ada sekitar 55,8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa.

Oleh sebab itu, pada 30 April dan 1 Mei 2023 diprediksi akan menjadi puncak arus balik kedua.

"Masyarakat diimbau untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023) yang diprediksi menjadi puncak arus balik kedua" demikian keterangan tertulis Kemenhub, dikutip dari dephub.go.id, Kamis (27/3/2023).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi melakukan koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

Selain rapat koordinasi mereka juga melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.

Rapat koordinasi dan pemantauan itu digelar untuk memastikan penanganan arus balik berjalan dengan lancar.

Baca juga: Pertamina Sebut Suplai BBM Dipastikan Aman, Tak Ada Hambatan selama Arus Balik Lebaran 2023

"Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan," ujar Menhub.

Budi Karya juga mengatakan, pada akhir pekan ini akan ada pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

Penambahan jumlah pergerakan kendaraan tersebut akan berpotensi menyebabkan kemacetan total jika dibiarkan.

Menhub berharap, penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik.

"Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insyaallah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud," ucap Menhub.

Sementara itu, Kakorlantas Polri mengingatkan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan balik untuk selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

Dia mengingatkan masyarakat agar tetap memperhatikan batas kecepatan kendaraan meskipun arus lalu lintas menuju Jakarta cukup lancar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat