androidvodic.com

Wapres Ma'ruf Amin Tinjau TMII Pascarevitalisasi - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meninjau kunjungan wisatawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang kini memiliki wajah baru pascarevitalisasi pada Jumat pagi (28/4/2023). 

Ma'ruf berkeliling kawasan TMII menyaksikan antusiasme para wisatawan menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang telah direnovasi. 

Baca juga: Pengunjung TMII Hari Keempat Lebaran Mencapai 13 Ribu Orang

Direktur Keuangan dan SDM, PT Bhumi Visatanda Indonesia selaku Perusahaan Pengoperasi TMII, Syafrudin yang juga hadir di lokasi, mengatakan TMII saat ini telah menjadi kawasan yang nyaman bagi wisatawan untuk menikmati wisata budaya. 

“Jadi TMII ini memang kita (fungsikan untuk) menjaga budaya Indonesia agar tetap lestari dan dikenal oleh masyarakat,” kata dia dalam keterangan resmi BPMI Setwapres pada Jumat (28/4/2023). 

Syafrudin juga mengatakan TMII mengusung empat pilar dalam pengelolaannya sebagai kawasan wisata. 

Pilar pertama, kata dia, adalah inklusif yakni TMII menjadi kawasan wisata untuk semua kalangan masyarakat. 

“Jadi kita tidak membatasi kelas masyarakat yang akan berkunjung ke TMII. Silahkan yang ingin berkunjung ke Taman Mini dengan tiket masuk yang murah, Rp25 ribu," kata dia. 

Baca juga: Pantau Ancol dan TMII, Kapolda Metro Jaya Pastikan Situasi di Lokasi Wisata Aman

"Kita juga tidak membagi-bagi kelas tiketnya, baik untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara dengan harga yang sama,” sambung dia.

Kemudian pilar kedua, kata Syafrudin, adalah green yakni 70 persen kawasan TMII adalah kawasan hijau yang ramah lingkungan. 

Bahkan, kata dia, tidak semua kendaraan berbahan bakar fosil dapat masuk ke TMII.

“Jadi di sini konsepnya adalah kendaraan listrik. Jadi kalau anak-anak mau bersepeda atau orang tua mau naik shuttle listrik kita juga sediakan di dalam,” kata dia. 

Pilar ketiga, sambung dia, adalah smart. 

Salah satu contohnya, lanjut dia, seluruh transaksi pembayaran di TMII telah menggunakan transaksi nontunai.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Masuk TMII dan Jam Operasional Selama Libur Lebaran 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat