androidvodic.com

Daftarkan Caleg ke KPU, Nasdem Optimis Raih 100 Kursi DPR RI - News

News, JAKARTA - DPP Partai Nasdem menargetkan meraih 100 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem, Prananda Surya Paloh usai mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

“Partai Nasdem juga seperti teman-teman sudah ketahui, ingin merebut ataupun juga paling tidak menjadi dua besar pada pemilu 2024 ke depan atau kurang lebih dengan target 100 kursi DPR RI,” kata Prananda Paloh.

Di sisi lain, Prananda menyebut bahwa antusiasme masyarakat terhadap Pemilihan Legislatif (Pileg) sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Hal itu, kata dia, menjadi catatan tersendiri bagi Nasdem. Sehingga, Prananda mengingatkan masyarakat lebih antusias dalam menyambut Pileg mendatang.

“Kami dari Partai Nasdem berkomitmen ingin mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa pileg itu tidak kalah penting dengan Pilpres, karena ini akan memilih wakil rakyat kita di DPR, DPRD provinsi maupun kabupaten kota,” tuturnya.

Sebab, lanjut Prananda, DPR sebagai wakil rakyat memiliki peran dan fungsi yang tak kalah penting dengan Presiden. Keduanya merupakan elemen yang saling berkaitan.

Prananda menyebut Pemilu 2024 mendatang merupakan ajang pemilihan lima tahunan ketiga yang telah diikuti Nasdem.

Pemilu mendatang itu, kata Prananda, merupakan langkah penting bagi Nasdem untuk membuat loncatan yang besar.

“Karena kami sadar, biasanya pemilu ketiga akan membuat partai kita menjadi partai yang besar atau tetap menjadi partai menengah. Atas dukungan masyarakat Indonesia kami haqqul yakin kami akan merebut paling tidak dua besar,” tuturnya.

Seperti diberitakan, Partai NasDem menyerahkan berkas calon legislatif (caleg) secara serentak ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis (11/5/2023).

Ketua OC sekaligus Wakil Ketua Dewan Pakar Pusat Partai NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan, akan ada 580 caleg DPR RI yang didaftarkan hari ini.

"Hari ini terdaftar 580 kursi dan calon legislatif sudah siap, kemudian calon legislatif DPRD provinsi 2.372 kursi dan kemudian caleg Kabupaten Kota 17.510 kursi siap dan insya Allah seluruh daerah bergerak," kata Syahrul sebelum menyerahkan berkas caleg di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menargetkan partainya bisa memenangkan 100 kursi legislatif.

"Jika tadi Ketua Bappilu menyatakan 100 kursi, saya bisa menyampaikan Insya Allah itu hal yang memang wajar," kata Surya Paloh saat memberikan arahan kepada seluruh caleg sebelum penyerahan berkas ke KPU NasDem di NasDem Tower, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Bukan Wajah Baru Daftar Publik Figur Dari NasDem yang Nyaleg

Atas pernyataannya itu, Surya Paloh berharap para kader yang maju sebagai caleg untuk dapat menyatuhkan kemampuan dan kekuatan.

Dirinya juga meminta kepada para kader untuk tetap dapat menjaga soliditas atau kebersamaan partai.

"Mampu menjaga soliditas di antara kita satu sama lain dan bekerja keras secara kolektif itu adalah hal yang mutlak mampu kita jaga kita wujudkan dan kita pertahankan sampai hari H yang akan datang," tukas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat