androidvodic.com

VIDEO Mantan Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa Akan Jalani Sidang Kode Etik Setelah Perkara Inkrah - News

News, JAKARTA - Markas Besar Polisi Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) buka suara soal desakan pelaksanaan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa setelah divonis dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Untuk informasi, Teddy Minahasa divonis penjara seumur hidup terkait kasus peredaran narkoba.

Vonis itu dibacakan Majelis Hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Selasa (9/5/2023).

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Nurul Azizah menyebut sidang KKEP akan dilakukan setelah perkara pidana yang menjerat Teddy inkrah atau berkekuatan hukum tetap. 

"Kalau misalnya dia belum inkrah dan belum bisa mengikuti persidangan di Polri pasti kita akan menunggu," kata Nurul saat dikonfirmasi, Jumat (12/5/2023).

Meski begitu, Nurul mengatakan pihaknya tetap akan menyiapkan proses sidang kode etik itu sambil menunggu upaya hukum yang ada.

"Itu harus fokus dulu karena prinsip persidangan kan berjalan secara cepat dan sederhana, karena proses persidangan di pengadilan masih berjalan. Jadi kita tetap paralel, hal-hal apa yang bisa kita lakukan, kita lakukan," jelasnya.

Dalam hal ini, Kompolnas mendesak Mabes Polri untuk memberikan hukuman terberat yakni pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap Teddy atas kasusnya tersebut.

"Apa yang dilakukan adalah pelanggaran Kode Etik Profesi Polri."

"Kompolnas juga mendorong sanksi etik maksimum untuk dapat dijatuhkan kepada yang bersangkutan, yaitu pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH)," kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti kepada wartawan, Kamis (11/5/2023).

Poengky menilai tindak pidana yang dilakukan oleh Irjen Teddy Minahasa tersebut telah mengancam generasi penerus bangsa.

"Selain itu, sebagai pejabat tinggi Polri yang pada saat kejadian menjadi Kapolda, maka yang bersangkutan seharusnya menjadi contoh teladan bagi seluruh anggotanya, tetapi ternyata justru contoh buruk yang diberikan," ucapnya.

Divonis Seumur Hidup

Untuk informasi, Mantan Kapolda Sumatra Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa divonis penjara seumur hidup terkait kasus peredaran narkoba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat