androidvodic.com

Anies Baswedan Ungkap Awal Persahabatan dengan Sandiaga Uno hingga Mampu Menangi Pilgub DKI - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Sosok Sandiaga Salahuddin Uno atau akrab disapa Sandiaga Uno ternyata memiliki hubungan yang telah lama terjalin baik dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan atau Anies Baswedan.

Anies Baswedan yang kini didapuk menjadi Bakal Calon Presiden (Capres) untuk Pemilu 2024, mengatakan bahwa persahabatan antara dirinya dan Sandiaga telah terjalin 'jauh sebelum mereka lahir'.

Karena ibunda Sandiaga yakni Mien Uno dan ibunda Anies yakni Aliyah Rasyid merupakan sahabat dan teman sekelas saat berkuliah di Fakultas Pedagogi, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Baca juga: Dianggap Potensial, Anies Baswedan Lihat Sosok AHY sebagai Anak yang Cerdas

Cerita ini ia sampaikan dalam video podcast milik Motivator Merry Riana yang telah ditayangkan di YouTube Channel Merry pada 3 bulan lalu, namun diposting Anies di akun Twitternya @aniesbaswedan pada Senin (15/5/2023) kemarin.

"Jadi begini, Pak Sandi itu, ibu kita bersahabat, ibu kita teman sekelas sejak kuliah. Jadi Ibu Mien Uno dengan Ibu Aliyah itu satu kelas di Bandung, namanya Fakultas Pedagogi, Unpad," jelas Anies, dalam video tersebut.

Ia mengisahkan Sandiaga dan dirinya merupakan anak dari pendidik, keluarga mereka merupakan keluarga guru.

Baca juga: Sandiaga Uno Ungkap Miliki Chemistry dengan Ganjar Pranowo: Sangat Nyaman

"Dan kami adalah sama-sama anak pendidik, ibu kami dua-duanya guru dan kami keluarga guru, Pak Sandi juga keluarga guru, pamannya guru, saudara-saudaranya guru, semuanya adalah orang dedikasi guru," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu pun mengaku tidak pernah membayangkan bahwa persahabatan yang terjalin antara ibu mereka, kemudian berlanjut pada dirinya dan Sandiaga yang akhirnya berpasangan dalam mencalonkan diri sebagai pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Bahkan keduanya melenggang sebagai pemenang kontestasi itu dan memimpin ibu kota selama beberapa tahun. 

"Kami bersahabat sejak lama dan tidak pernah membayangkan bahwa persahabatan dari ibu kepada anak, kemudian berjalan bersama di Pilkada dan bertugas bersama," papar Anies.

Meskipun kini dirinya dan Sandiaga telah memilih jalan masing-masing dalam berpolitik, namun ia akan selalu menganggap Sandiaga sebagai sahabatnya.

Begitu pula dengan keluarga Sandiaga yang akan selalu ia anggap sebagai saudara hingga kapanpun.

Baca juga: PPP Mengaku Tak Cemburu Jika Sandiaga Uno Pendekatan ke Partai Politik Lain

Saat ini Sandiaga menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) namun telah hengkang dari keanggotaannya di Partai Gerindra.

Sandiaga pun kini masih mencari partai baru yang akan menjadi tempatnya berlabuh dan disebut-sebut menjadi salah satu nama yang beredar di publik sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres).

"Jadi Pak Sandi akan selalu menjadi sahabat sampai kapanpun, beliau dan keluarga selalu menjadi saudara kita sampai kapanpun," pungksas Anies.

Dalam cuitan yang diposting bersamaan dengan video podcast teesebut, Anies mengaku bersyukur bisa mengenal sosok- sosok hebat itu, mulai dari Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Bersyukur sekali bisa mengenal pribadi-pribadi ini dari dekat dan berkesempatan untuk belajar dari semua," pungkas Anies.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat