androidvodic.com

Kemenag Minta Jemaah Haji Tak Malu Bertanya dan Cek Panduan Manasik Haji - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) RI, Akhmad Fauzin mengatakan 'pentingnya' bertanya dan memperkaya informasi mengenai tata cara beribadah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Hal ini merupakan poin yang sangat penting bagi para jemaah Haji agar dapat menjalani ibadah Haji secara lancar dan sesuai dengan tata caranya.

Ia berharap para jemaah Haji tidak sungkan untuk bertanya kepada para petugas Haji, jika mereka mengalami kendala, baik selama di embarkasi hingga berada di tanah suci.

"Kepada seluruh jemaah Haji Indonesia, jangan sungkan untuk meminta bantuan petugas. Sejak di embarkasi, selama penerbangan hingga di tanah suci nanti. Bila mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan, segera hubungi Petugas Haji Indonesia," kata Akhmad Fauzin, dalam keterangan resmi Kementerian Agama, Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Idhar Susetyo, Remaja 18 Tahun Ini Jadi Calon Jemaah Haji Termuda yang Akan Berangkat ke Tanah Suci

Selain itu, pemahaman mengenai panduan ibadah Haji dapat diperoleh melalui aplikasi PUSAKA Kementerian Agama.

Platform tersebut berisi buku panduan tentang Manasik Haji, Manasik Haji bagi Lansia hingga Video Manasik Haji.

"Untuk mendukung pengetahuan ibadah Haji, Kementerian Agama menyediakan Buku Panduan Manasik Haji, Buku Panduan Manasik Haji bagi Lansia, serta Video Manasik Haji yang dapat dilihat di aplikasi PUSAKA Kementerian Agama," jelas Akhmad Fauzin.

Aplikasi ini, kata dia, dapat diunduh di Playstore maupun Appstore.

Akhmad Fauzin juga menyampaikan bahwa para jemaah Haji dapat mendapatkan informasi terkini dan akurat terkait penyelenggaraan ibadah Haji melalui Media Center Haji (MCH).

"Selain itu, untuk memberikan informasi aktual dan akurat, Kementerian Agama juga telah membentuk Media Center Haji," pungkas Akhmad Fauzin.

Baca juga: Gubernur Jatim Melepas Keberangkatan 445 Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya ke Tanah Suci

Sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan bahwa operasional ibadah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi telah resmi dimulai pada hari ini, Rabu (24/5/2023).

Para jemaah Haji pun secara bertahap mulai diberangkatkan ke tanah suci.

Pemberangkatan kloter pertama membawa 390 jemaah asal Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat