androidvodic.com

Survei SMRC: Coldplay Lebih Dikenal di Kalangan Perkotaan, Berpendidikan, dan Pendapatan Tinggi - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Hasil survei telepon Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 23 Mei sampai 25 Mei 2023 menunjukkan grup band asal Inggris Coldplay lebih dikenal di sejumlah kelompok masyarakat di antaranya masyarakat perkotaan, berpendidikan tinggi, hingga pendapatan tinggi.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani survei menunjukkan pada kategori masyarakat desa-kota, Coldplay lebih dikenal di masyarakat perkotaan

Sebanyak 45 persen masyarakat perkotaan, kata Deni, tahu Coldplay.

Hal tersebut disampaikannya dalam tayangan bertajuk Sikap Publik atas Konser Coldplay di Indonesia yang ditayangkan di kanal Youtube SMRC TV pada Selasa (30/5/2023).

"Di sini yang kelihatan paling signifikan itu perbedaan dari sisi desa-kota. Jadi popularitas atau yang kenal Coldplay itu lebih banyak di perkotaan. 45% orang di perkotaan yang kenal, dan pedesaan hanya 37%," kata Deni.

Dari sisi wilayah, lanjut dia, masyarakat di DKI Jakarta dan Banten lebih banyak yang mengenal Coldplay dibandingkan daerah lain.

Survei, kata dia, menunjukkan sebanyak 64% masyarakat di Jakarta dan Banten tahu Coldplay.

Sementara itu, dari sisi usia, kata dia, mereka yang berada pada usia di bawah 25 tahun lebih banyak yang mengenal Coldplay.

Survei, kata dia, menunjukkan sebanyak 54% mereka yang berada pada usia di bawah 25 tahun tahu Coldplay.

"Dari sisi pendidikan, yang paling banyak tahu itu orang yang pendidikannya Perguruan Tinggi. Itu 71% kalau ditanya pernah dengar Coldplay, ya pernah. Kalau pendidkannya rendah, seperti SD hanya 28%," kata Deni.

Berikut data yang ditampilkan Deni terkait tingkat awareness (tahu) masyarakat Indonesia terhadap grup band Coldplay:

Baca juga: Survei SMRC: Hanya Sekitar 3 Persen dari Total Populasi yang Tolak Kedatangan Coldplay ke Indonesia

Laki-laki: 42%
Perempuan: 39%

Pedesaan: 37%
Perkotaan: 45%

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat