androidvodic.com

PDIP Kaji Usulan Perindo agar TGB Jadi Cawapres Ganjar - News

News, JAKARTA -  Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengatakan pihaknya mengkaji usulan agar Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo.

Adapun usulan tersebut disampaikan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

"Ini kan banyak sekali ya tokoh-tokohnya, ini akan kita inventarisasi kemudian dikaji satu per satu. Kemudian kapan keputusannya? Ya nanti kita lihat, ya jadi bagus saja," kata Djarot di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Djarot menuturkan TGB merupakan sosok yang memiliki pengalaman dan Komunikasinya bagus.

"Pak TGB juga punya pengalaman, beliau memimpin NTB cukup bagus, beliau juga seorang intelek dan komunikasinya bagus," ujarnya.

Dia juga menanggapi perihal nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam bursa cawapres Ganjar.

"Kemudian Mas AHY juga punya prestasi, kemudian untuk perempuan juga dibuka peluang. Monggo, silakan," ungkap Djarot.

Beberapa tokoh perempuan yang dimaksud seperti Yenny Wahid dan Khofifah Indar Parawansa.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partai politik yang telah menyatakan dukungan bagi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 akan menyodorkan nama Cawapres untuk dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Misalnya kata Hasto, PPP yang akan mengajukan lebih dari satu nama.

"Saya kemarin bertemu dengan Ketua Umum PPP bapak Mardiono. Beliau juga menyampaikan ada tidak hanya satu nama kemungkinan," kata Hasto usai bertemu Kepala Staf Presiden Moeldoko di Gedung Bina Graha,Jakarta, Senin, (12/6/2023).

Selain PPP, Hasto mengatakan Partai Perindo juga telah mengajukan nama Cawapres. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo tersebut menyodorkan nama Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai Cawapres Ganjar.

"Sama juga Perindo kemudian juga sempat menyebut TGB," katanya.

Hasto mengatakan partainya mempersilahkan partai partai koalisi untuk mengajukan nama Cawapres. Nantinya kata dia, rakyat akan memilih siapa yang tepat untuk mendampingi Ganjar Pranowo dilihat berdasarkan elektabilitas.

"Toh nanti rakyat yang akan menilai, rakyat yang akan menentukan yang bisa diukur melalui instrumen elektoral, tetapi yang penting adalah komitmennya, kesatupaduan kepemimpinan dengan pak Ganjar Pranowo sehingga partai-partai dari pengalaman yang lalu dapat mengusulkan kemudian nanti akan diputuskan," tuturnya.

Hasto mengatakan pengumuman Cawapres Ganjar Pranowo sendiri akan ditetapkan pada momentum yang tepat. Pihaknya bersama partai koalisi masih menggodok nama nama yang dinilai layak untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Baca juga: PPP Sindir Perindo Tak Punya Kursi di Senayan Tapi Usulkan TGB Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

"Kalau dari KPU kan Oktober sehingga nanti di tengah-tengah itu ada momentum yang tepat setelah semuanya terkristalisasi dengan baik akan muncul nama yang pasti itu merupakan jawaban bagi PDIP dan partai politik lain yang mengusung pak Ganjar ada PPP, ada Hanura, ada Perindo dan nanti ada partai lain gambaran tentang pemimpin yang akan diusung bersama-sama," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat