androidvodic.com

GMKI Sambut Baik Putusan MK Sistem Pemilu Tetap Terbuka, Jefri Gultom: Rakyat Bebas Pilih Wakilnya - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jefri Gultom, mengapresiasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK), tentang Sistem Pemilu yang tetap pada sistem pemilu terbuka.

“Kami dari GMKI mengapresiasi putusan MK tentang sistem pemilu, hal ini tentu di sambut oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena dengan putusan ini rakyat bebas memilih wakilnya, tidak ditentukan oleh partai politik saja," kata Jefri kepada wartawan Kamis (15/6/2023).

Selain itu, lanjut Jefri, putusan ini juga menjadi bukti bahwa MK sebagai lembaga yang masih sangat terpercaya publik dan tidak terpengaruh oleh intervensi pihak mana pun.

“Kita percaya bahwa MK merupakan lembaga yang indenpenden dan sebagai lembaga yang mengkedepankan kepentingan masyrakat luas bukan kepentingan segelintir orang saja," ujarnya.

Harapan kita dengan putusan MK ini, masyrakat dapat lebih cerdas lagi untuk menentukan pilihan di pemilu nanti.

“Putusan ini harus menjadi kesempatan yang baik untuk masyarakat menentukan pilihan dengan cerdas di pemilu nanti, pilihlah orang-orang yang mampu mengakomodir kepentingan rakyat bukan hanya orang-orang yang mementingkan kepentingan partai politik," ujar Jefri.

Putusan ini bukan kemenangan partai politik tetapi kemenangan rakyat, dan MK masih mendengarkan kepentingan rakyat bukan kepentingan parpol.

Jefri menambahkan, alumni GMKI banyak berkecimpung di seluruh parpol dan mencalonkan diri sebagai caleg. 

Tentu bekal kaderisasi di GMKI sebagai kader nasionalis dan oikumenis harus disuguhkan kepada rakyat. 

Soal dipilih atau tidak, menurut Jefri tergantung kehendak rakyat. Namun yang pasti GMKI mempersiapkan seluruh kadernya di berbagai bidang.

Baca juga: Pancasila Fest GMKI Dimulai Di Ende, Sinergi Menuju Net Zero Emissions

“Perlu dicatat putusan ini merupakan kemenangan kita bersama sebagai rakyat Indonesia bukan kemenangan parpol, dan kami seluruh civitas Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia mengapresiasi sepenuhnya atas putusan yang memerdekakan rakyat memilih wakilnya di legislatif," tandas Jefri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat