androidvodic.com

Ridwan Kamil Laporkan Progres Investigasi Kasus Ponpes Al-Zaytun ke Mahfud MD - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan progres investigasi terkait kasus Pondok Pesantren (ponpes) Al-Zaytun ke Menko Polhukam Mahfud MD, Sabtu (24/6/2023).

Ridwan Kamil mengatakan dalam hal ini tim investigasi bekerja secara dua arah yakni melakukan wawancara kepada pimpinan ponpes dan penggalian data lapangan dari internal ponpes.

"Kemudian sudah disampaikan rekomendasi-rekomendasi yang tentu berdampak pada aspek hukum, aspek administrasi, dan aspek keamanan sosial di wilayah Indramayu di Jawa Barat," kata Ridwan Kamil di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Bareskrim Selidiki Laporan ke Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang soal Dugaan Penistaan Agama

Ridwan mengatakan Mahfud MD dalam waktu dekat akan langsung menindaklanjuti rekomendasi dari tim investigasi di lapangan.

"Insya Allah arahnya sesuai dengan harapan masyarakat tapi tentu dengan kehati-hatian karena menyangkut aspek hukum administrasi dan juga sumber daya manusia anak-anak bangsa yang sedang belajar di sana, yang tentunya harus kita pikirkan solusi-solusi yang terbaik terhadap situasi," tuturnya.

Diketahui, Tim investigasi tak mendapatkan hasil konkrit dari pertemuan dengan pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/6/2023).

Pertemuan tersebut hanya berlangsung sekitar satu jam.

Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan baru antara Tim Investigasi dengan Panji Gumilang.

Kesepakatan itu berupa permintaan waktu dari Panji Gumilang untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan tim investigasi.

"Tadinya kami ingin mengklarifikasi apa yang beredar di masyarakat dan di media, tapi nampaknya beliau itu minta waktu kepada kami untuk mempersiapkan jawaban yang akan kami pertanyakan, beliau meminta apa yang diklarifikasi kepada beliau," ujar Ketua Tim Investigasi KH. Badruzzaman saat jumpa pers seusai pertemuan, Jumat (23/6/2023).

Tidak ada kepastian kapan Panji Gumilang akan memberikan jawaban kepada tim investigasi.

Tim Investigasi pun tidak bisa memaksa Panji Gumilang untuk menjawab semua pertanyaan saat pertemuan.

Bahkan Panji Gumilang tidak pasti apakah kembali dan memberikan jawabannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat