androidvodic.com

Bersyukur Dapat Laporan Opini WTP, Presiden Jokowi ke Para Menteri: Ini Suatu Kewajiban - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersyukur atas predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap laporan keuangan pemerintah pusat.

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih bahwa BPK telah melaksanakan pemeriksaan atas LKPP tahun 2022 dengan tepat waktu dan alhamdulillah opininya wajar tanpa pengecualian," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/6/2023)

Jokowi pun mengingatkan kepada para menterinya bahwa WTP merupakan suatu kewajiban.

"WTP itu kewajiban dari seluruh jajaran pemerintahan dalam penggunaan APBN, kewajiban para menteri dan kewajiban para pimpinan lembaga untuk menggunakan uang rakyat dengan penuh tanggung jawab," kata Jokowi

Dia mengatakan tertib administrasi merupakan hal yang penting.

"Tapi yang jauh lebih penting adalah apa kemanfaatannya untuk rakyat, apa kemanfaatannya untuk masyarakat, apa yang dirasakan oleh rakyat, apa yang dirasakan oleh masyarakat," kata dia.

"Kita harus juga berupaya meningkatkan kualitas belanja. Tingkatkan quality of spending, kualitas belanja itu dikawal sejak pelaksanaan," pungkasnya.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mengumumkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2022.

  "Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK terhadap LKPP, LKLL (Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga) dan LKBUN (Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara) Tahun 2022, BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian atas LKPP Tahun 2022," kata Ketua BPK RI Isma Yatun dalam acara penyerahan LHP LKPP Tahun 2022 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (26/6/2023).

Adapun opini WTP tersebut, dikatakan Isma, yakni mencakup berbagai hal.

"Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern," tambah Isma.

Dalam penyampaian tersebut, hadir juga Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga: BPK Beri Opini WTP Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2022

Selain itu hadir juga, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Kepala KSP Moeldoko.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat