androidvodic.com

Kabaharkam Polri Pastikan Kesiapan Personel Kawal Jalannya ASEAN Summit di Jakarta - News

News, JAKARTA - Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, memimpin Apel Pengecekan Kesiapan Pengamanan Pengawalan Rute Lalu Lintas dan Parkir (Pamwal Rolakir) ASEAN Summit ke-43, di Lapangan Silang Barat Monas, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Apel pengamanan dilakukan guna memastikan pemahaman personel soal tugas pengawalan rute dan parkir yang berada di bawah Satgas Operasi Tribrata Jaya.

Dalam kesempatan itu, Fadil Imran menyatakan para personel yang bertugas telah siap mengawal jalannya ASEAN Summit di Jakarta pada 5-7 September 2023.

"Saya sebagai Kaops, Kakorlantas Polri sebagai Wakaops, kemudian Dirgakkum Korlantas Polri sebagai Kasatgaspamwal, hari ini kami ingin memastikan bahwa kesiapan personel, kesiapan perlengkapan, siap untuk mengawal jalannya ASEAN Summit ke-43," ujar Fadil.

Baca juga: Ini Rangkaian Agenda Negara Peserta KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

Pasukan gabungan yang terlibat dalam tugas pengawalan rute dan parkir sebanyak 1.679 personel.

Meliputi personel Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya, Ditlantas Polda Banten, Ditlantas Polda Jawa Barat dan beberapa Polda lain yang di BKO ke Korlantas Polri.

Adapun kendaraan BKO ke Paspampres sebanyak 60 mobil listrik, 66 motor listrik. Untuk delegasi, disiapkan 35 mobil fosil, dan 25 motor fosil.

Kemudian 176 anggota lalu lintas dikerahkan beserta kendaraannya untuk pengawalan VVIP atau ketua delegasi pimpinan negara.

"Dalam hal ini kendaraan yang dilibatkan BKO ke Paspampres ada 60 roda empat listrik, 66 roda dua listrik, untuk delegasi ada 35 roda empat fosil dan 25 roda dua fosil, dan 176 anggota lalu lintas beserta kendaraannya akan di BKO untuk pengawalan VVIP atau ketua delegasi Pimpinan Negara," jelas Fadil.

Sementara untuk kelancaran arus lalu lintas, sejumlah usulan kebijakan sudah disampaikan.

Di antaranya work from home (WFH) untuk beberapa kantor yang bersinggungan dengan pelaksanaan ASEAN Summit, pembatasan jenis kendaraan yang melintas, hingga usulan anak-anak sekolah belajar dari rumah selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi Sebut 4 Ruh Keketuaan Indonesia di ASEAN

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi selaku Wakaops berharap dengan penerapan kebijakan yang diusulkan tersebut, dapat memberi ruang lengang di Jakarta yang menjadi tuan rumah bagi perhelatan ASEAN Summit ke-43.

"Tentunya rekayasa rekayasa dan seluruh hal-hal yang bisa menyangkut langsung pada kegiatan lalu lintas katakanlah usulan tentang WFH pada beberapa kantor, kemudian pembatasan jenis kendaraan yang akan melintas di Jakarta, anak-anak sekolah akan belajar dari rumah," kata Firman.

Turut hadir dalam apel, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, dan Pejabat Utama Mabes Polri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat