androidvodic.com

Atasi Polusi Udara, Wakil Ketua Komisi IX Charles Honoris Ajak Masyarakat Terapkan Protokol 6M+1S - News

News, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Charles Honoris, mengeluarkan pernyataan tegas terkait kondisi polusi udara yang semakin memprihatinkan di Jakarta dan sekitarnya.

Hal itu dikatakannya saat memimpin audiensi Komisi IX dengan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dan Komunitas Bicara Udara pada 31 Agustus 2023.

Dalam situasi saat ini, kualitas udara di Jakarta telah mencapai tingkat yang membahayakan kesehatan masyarakat, dengan tingkat polusi udara 14 kali lipat lebih buruk dari standar minimal yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kondisi ini telah berdampak serius pada kesehatan masyarakat, dengan kasus infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) meningkat dengan sangat pesat.

Sebagai wakil rakyat, Charles Honoris merasa prihatin dan bertanggung jawab untuk mencari solusi guna mengatasi dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh polusi udara ini.

Dalam upaya menghadapi masalah polusi udara ini, Charles Honoris mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 6M + 1S, yang mencakup tindakan, seperti memantau kualitas udara, mengurangi aktivitas di luar ruangan, menggunakan alat penjernih udara di dalam ruangan, menghindari sumber polusi, mengenakan masker, menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta mengajak masyarakat untuk segera berkonsultasi kepada tenaga kesehatan jika mengalami masalah pernapasan atau gejala kesehatan lainnya.

Baca juga: Suara Hilang Saat Rapat Kerja di DPR, Menkeu Sri Mulyani Ngaku Terkena ISPA

"Komisi IX setuju membentuk Panitia Khusus (Pansus) dan mendorong koordinasi yang erat antar komisi di DPR RI serta melibatkan lintas kementerian dan lembaga pemerintah, untuk perlu bersama-sama bergotong royong untuk merumuskan solusi komprehensif dan jangka panjang dalam mengatasi krisis polusi udara ini." Ujar Charles Honoris, dalam keterangannya, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Cara Cek Kualitas Udara Secara Online, Bisa Lewat Aplikasi atau Website

Charles Honoris berharap bahwa dengan menerapkan protokol 6M + 1S ini, masyarakat Jakarta dan sekitarnya dapat menjaga kesehatan mereka sendiri serta membantu menjaga kualitas udara di wilayah tersebut.

"Polusi udara adalah masalah serius yang mempengaruhi kita semua. Mari bersama-sama berperan aktif dalam menjaga kesehatan dan lingkungan kita," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat