androidvodic.com

Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik 9 Pj Gubernur Jateng hingga Papua Pagi Ini - News

News - Sebanyak sembilan Penjabat (Pj) Gubernur pengganti kepala daerah yang telah purna tugas resmi dilantik hari ini, Selasa (5/9/2023) pagi.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik langsung 9 Pj Gubernur tersebut.

Sebelumnya, para penjabat gubernur itu ditentukan melalui sidang tim penilai akhir (TPA) yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (31/8/2023). 

Sembilan PJ Gubernur itu, bakal bertugas di Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Bali, Papua, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

"Pada hari Selasa tanggal 5 September 2023, saya sebagai menteri atas nama Presiden dengan resmi melantik (9 Pj Gubernur)," kata Mendagri Tito Karnavian, di ruang Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa, dikutip dari youTube KompasTV

Sebagai informasi, sejumlah gubernur akan selesai masa jabatannya pada 5 September 2023.

Hal tersebut merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 152/P sampai 154/P dan 156/P Tahun 2018 tanggal 28 Agustus 2018.

Baca juga: Kang Emil Nyetir Mobil Sendiri Hadiri Pelantikan Pj Gubernur di Kemendagri

Adapun 9 nama itu di antaranya, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin; Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana; Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin; Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya; Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun; Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake; Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi; Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto; Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin. 

Sembilan PJ Gubernur itu mengucapkan sumpah jabatan untuk masa jabatan satu tahun, serta dapat diperpanjang satu tahun berikutnya.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat negara dan bangsa," kata sembilan penjabat gubernur

Berikut profil 9 Pj Gubernur kini resmi dilantik oleh Mendagri, yang telah dirangkum News

1. Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin

Bey Machmudin menjabat Pj Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil.

Dikutip dari Kompas.com, ia lahir di Cirebon pada 15 April 1970.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat