androidvodic.com

Polisi Sebut saat Museum Nasional Terbakar Pengerjaan Renovasi Sedang Tak Dilakukan - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin memastikan bahwa pada saat kejadian kebakaran di Museum Nasional sedang tidak ada pengerjaan renovasi.

Adapun kata Komarudin pada saat kejadian itu pihaknya menerima laporan sekitar pukul 20.00 WIB.

"Tidak ada (pengerjaan renovasi). Kami sendiri mendapatkan laporan sekitar jam 8 (malam) kurang," ucap Komarudin kepada wartawan di Museum Nasional, Minggu (17/9/2023).

Lebih lanjut, pada saat kejadian itu juga, Komarudin menerangkan bahwa para pekerja bangunan berada di bagian luar lokasi kebakaran.

"Para pekerja ada di luar (area kebakaran)," jelasnya.

Meski begitu ditegaskan Komarudin, pihaknya belum bisa memastikan apa penyebab pasti yang melatarbelakangi terjadinya kebakaran tersebut.

Sejauh ini tim gabungan dari unsur Labfor, Polda Metro Jaya hingga internal museum kata dia masih terus melakukan pendalaman.

"Tim masih bekerja untuk mencari dugaan titik pertama penyebabnya nanti apakah korsleting atau apa, ini masih sangat-sangat bias," sebutnya.

Baca juga: Polisi Periksa 14 Saksi Terkait Kebakaran Museum Nasional, Ada Sekuriti Hingga Pekerja Bangunan

Sementara itu terpisah, Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra menjelaskan bahwa selama ini di Museum Nasional sedang dilakukan renovasi.

Lebih tepatnya Mahendra menjelaskan bahwa bagian gedung yang sedang tahap renovasi berada di gedung C.

Namun Mahendra mengatakan, lokasi yang terdampak kebakaran terletak pada gedung A yang dimana 6 ruangan di gedung tersebut ludes terbakar.

"Proyek renovasi di gedung C. Yang kedampak itu gedung A itu ada 21 ruangan yang terdampak ada 6 ruangan 15 nya tidak (terdampak), kemudian apalagi gedung B dan C (tidak terdampak kebakaran)," pungkasnya.

Polisi Periksa 14 Saksi

Polisi sejauh ini telah melakukan pemeriksaan terhadap 14 orang terkait insiden kebakaran yang melanda Museum Nasional di Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9/2023) malam kemarin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat