androidvodic.com

KPK: Kasus Korupsi di Kementan Sudah Naik Penyidikan - News

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) sudah naik ke tahap penyidikan.

Hal itu turut dipastikan dengan telah dilakukannya giat geledah terkait perkara dimaksud.

"Sudah tahap penyidikan, dan sudah ada sprindik dan sprin (surat perintah, red) geledah dan sita," ujar Wakil Ketua KPK Johanis Tanak saat dikonfirmasi, Jumat (29/9/2023).

Kendati demikian, Johanis Tanak masih belum bisa mengungkapkan siapa saja yang dijerat sebagai tersangka dalam kasus ini.

Adapun KPK telah menggeledah Rumah Dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Widya Chandra, Jakarta Selatan, pada Kamis (28/9/2023).

KPK hingga saat ini belum membeberkan konstruksi korupsi di Kementan ini. 

Akan tetapi, KPK sempat mengungkap ada tiga klaster dugaan korupsi di Kementan, satu di antaranya dugaan jual beli jabatan.

"Benar, salah satu aspek kasus yang sedang didalami penyelidik adalah terkait tindak lanjut laporan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Kementan, khususnya terkait praktik penempatan pegawai dalam jabatan," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri beberapa tempo lalu.

Dua anggota polisi bersenjata berjaga di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Candra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan saat adanya penggeledahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (28/9/2023).
Dua anggota polisi bersenjata berjaga di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Candra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan saat adanya penggeledahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (28/9/2023). (News/ Abdi Ryanda Shakti)

KPK Geledah Rumah Dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Widya Chandra V

Aksi penggeledahan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di  rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, di Kompleks Widya Chandra V, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, diduga terkait dengan suap jual-beli jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian, Kamis (28/9/2023) petang.

Informasi mengenai suap jual-beli jabatan ini beredar di kalangan awak media.

Yang menarik, saat penggeledahan dilakukan KPK ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo sedang tidak berada di Indonesia. Dia tengah berada di Roma, Italia, menghadiri agenda Organisasi Pangan Dunia (FAO).

Selain itu, kegiatan penggeledahan oleh KPK ini dilakukan di hari libur nasional.

Itu sebabnya, Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim, heran, KPK melakukan penggeledahan ini.

"SYL masih di Roma dalam rangkaian agenda FAO. Dia tidak tahu menau soal penggeledahan," kata Hermawi Taslim kepada News.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat