androidvodic.com

KPK dalami Dokumen yang Diangkut dari Rumah Tersangka Kementan Lewat Febri Diansyah Cs - News

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang kemarin sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Lewat dua mantan pegawai KPK itu, tim penyidik ingin mengonfirmasi ihwal penemuan dokumen pada saat penggeledahan di rumah para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

"Kedua saksi hadir dan dikonfirmasi pengetahuan keduanya antara lain terkait dengan penemuan dokumen pada saat penggeledahan di rumah para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (3/10/2023).

Pengacara yang juga mantan pegawai KPK Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Senij (2/10/2023). Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang diperiksa KPK sebagai saksi terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengacara yang juga mantan pegawai KPK Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Senij (2/10/2023). Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang diperiksa KPK sebagai saksi terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Ali mengatakan, dokumen tersebut diduga berisi materi perkara.

Makanya, lanjut Ali, hal itu menjadi penting untuk dikonfirmasi kepada Febri dan Rasamala agar menjadi makin jelas dugaan perbuatan dari para tersangka

"Dokumen tersebut tentu akan juga dikonfirmasi kepada saksi lain pada proses penyidikan ini," kata Ali.

Sedianya tim penyidik KPK juga memeriksa eks peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz.

Namun, ujar Ali, Donal tidak hadir dan pemanggilan berikutnya akan dijadwalkan.

"Saksi tidak hadir dan dijadwal ulang. Untuk waktu yang akan kami sampaikan berikutnya," ujar Ali.

Usai menjalani pemeriksaan, Febri mengaku dia dan Rasamala dikonfirmasi tim penyidik terkait kewenangannya sebagai advokat.

Febri menerangkan, dia mendapat surat kuasa dari Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mendampingi dirinya saat perkara di Kementan masih dalam tahap penyelidikan.

Dua eks pegawai KPK, Rasamala Aritonang dan Febri Diansyah, penuhi panggilan penyidik sebagai saksi kasus dugaan korupsi di Kementan, Gedung KPK, Jakarta, Senin (2/10/2023).
Dua eks pegawai KPK, Rasamala Aritonang dan Febri Diansyah, penuhi panggilan penyidik sebagai saksi kasus dugaan korupsi di Kementan, Gedung KPK, Jakarta, Senin (2/10/2023). (News/Ilham Rian Pratama)

Sebagai advokat, Febri lalu menyusun pendapat hukum bagi Mentan SYL.

"Kami mendapatkan surat kuasa khusus sejak tanggal 15 Juni 2023 di tingkat penyelidikan, jadi kami mendampingi salah satunya Pak Menteri Pertanian dalam proses tersebut," terang Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (2/10/2023) malam.

"Dalam proses pendampingan itu tadi juga dijelaskan kami melaksanakan tugas sesuai UU mendapatkan informasi-informasi dokumen-dokumen yang kemudian kami susun dalam sebuah pendapat hukum, jadi ada legal opinion itu yang kami susun dan itu lah yang tadi dikonfirmasi oleh penyidik," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat