androidvodic.com

Mentan SYL Absen Rapat di Istana, Menteri LHK: Enggak Tahu Aku - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) belum diketahui keberadaannya usai dari lawatannya ke luar negeri.

Ia tidak hadir dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi membahas fenomena el nino di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (3/10/2023).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengaku tidak tahu mengenai keberadaan koleganya dikabinet sekaligus separtainya tersebut.

"Enggak tahu aku," katanya usai rapat di Istana.

Terkait ketidakhadiran SYL dalam rapat kabinet kata Siti sebaiknya ditanyakan kepada Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca juga: Dirjen Imigrasi Pastikan SYL Belum Masuk ke Indonesia

Koordinasi kehadiran dalam rapat terbatas atau kabinet dilakukan ke Sekretaris Kabinet.

"Kan itu ke pak Seskab, bukan kita," katanya.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan pihaknya belum mengetahui keberadaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang terjerat kasus korupsi di KPK.

Baca juga: PKS Duga Ada Politisasi di Kasus Korupsi Seret Mentan SYL, Singgung Kejelasan Perkara Harun Masiku

Pihak Kementan kata dia, masih mencari posisi keberadaan SYL usai kunjungan kerjanya ke luar negeri.

"Jadi sampai hari ini kita terus mencari keberadaan pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan pak menteri sampai hari ini," katanya usai rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (3/10/2023).

Berdasarkan informasi terkahir, kata dia, SYL pulang dari Spanyol ke Indonesia dengan beberapa pejabat Kementan. Hanya saja karena permasalahan tiket, mereka tidak satu pesawat, dan akhirnya terpisah saat pulang ke Indonesia.

"Kalau dari Spanyol, informasi terakhir yang kami terima itu memang berbarengan dengan beberapa pejabat eselon kami. Eselon 1, ada yang ikut 3 orang, juga ada eselon 2 yang ikut kunjungan kerja pak menteri, dan ada beberapa staf. Kembali ke tanah airnya ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Akhirnya terpisah," katanya.

Harvick membantah belum teridentifikasinya keberadaan Mentan SYL karena kabur dari kejaran KPK.

"Wah insyaallah sih enggak ya. Mudah-mudahan Kita doakan bersama-sama agar bisa selesai. Insyaallah," katanya.

Harvick mengaku belum ada kontak sama sekali dengan Mentan SYL usai kunjungan kerja ke luar negeri.Komunikasi terkahirnya yakni sebelum Mentan menghadiri acara model pertanian screen house hortikultura di wilayah Almeria, Spanyol.

"Belum. Belum ada kontak sama sekali," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat