androidvodic.com

Jelang KTT AIS 2023, Kakorlantas Polri Pimpin Latihan Pra Operasi Tribrata Agung - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi didampingi Kapolda Bali Irjen Pol Bagus Putra memimpin langsung Latihan Pra Operasi Tribrata Agung 2023 di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Bali, Rabu (4/10/2023).

Latihan pra operasi ini mengusung tema 'Meningkatkan Kemampuan Personel Polri Dalam Rangka Pengamanan Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Negara Pulau dan Kepulauan Archipelagic and Island States (AIS) tahun 2023 Guna Tercapainya Situasi yang Aman dan Kondusif'.

Dalam sambutannya, Kakorlantas Polri menerangkan bahwa penyelenggaraan kegiatan internasional KTT AIS merupakan agenda prioritas nasional dan menjadi tanggung jawab TNI, Kepolisian, serta stakeholder terkait untuk menjaga keamanan kegiatan.

Adapun rangkaian kegiatan KTT AIS akan berlangsung pada tanggal 10-11 Oktober 2023, bertempat di Nusa Dua, Bali.

"Yang pertama latihan pra operasi itu biasa kita laksanakan menjelang operasi-operasi yang akan kita lakukan untuk memastikan pengecekan kekuatan, karena ini berada di luar lokasi beberapa satuan kerja yang kita mintakan bergabung, tentunya ini menjadi sarana untuk konsolidasi," ujar Firman.

Dalam hal ini, Firman menyebut seluruh anggota yang akan terlibat pada satgas harus memiliki satu pemahaman guna memastikan kelancaran di lapangan pada saat pengamanan.

"Secara umum kita tentunya berjalan dari penyiapan masyarakat yang kita menjemput dengan preemtif untuk memastikan Bali dan masyarakatnya siap menerima tamu, tetap sama-sama menjaga situasi yang kondusif, ini penting kita sebagai tuan rumah untuk memastikan Kamtibmas di sini untuk mendukung kegiatan KTT AIS yang akan dilaksanakan," tegas Firman.

Pada sisi preventif, personel polisi akan ditempatkan berpatroli, termasuk Polantas yang nanti akan mengambil langkah-langkah berdasarkan kondisi lapangan, salah satunya penyiapan jalur, merekayasa beberapa titik apabila ada khusus pengalihan arus.

"Kita berharap di sini ada kerjasama yang baik antara kita dengan masyarakat yang nanti akan melalui jalan yang sama tentunya ketika rombongan akan menuju atau kembali ke satu lokasi yang akan digunakan oleh selama kegiatan itu bisa berjalan dengan baik sisi kelancaran lalu lintasnya," tutup Firman.

Dalam kesempatan itu, Kakorlantas Polri dan Irjen Pol Bagus Putra mengunjungi 91 Command Center ITDC Nusa Dua Bali guna memastikan kegiatan pemantauan yang sudah terintegrasi melalui Command Center.

Baca juga: Kapolri Pimpin Syukuran HUT ke-68 Korlantas Polri dan Luncurkan Pusat Data Kecelakaan Lalin

Kakorlantas Polri juga berdiskusi langsung dengan Kaskogab TNI Angkatan Laut terkait persiapan pengamanan yang akan diterapkan saat berjalannya KTT AIS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat