androidvodic.com

Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat: Pola Hidup Halal - News

News - Berikut contoh teks khutbah Jumat dapat dibawakan pada minggu kedua Oktober 2023, yakni Jumat (13/10/2023).

Contoh teks khutbah Jumat ini berjudul Pola Hidup Halal.

Dalam contoh teks khutbah Jumat ini memuat materi bahwa umat muslim wajib memperhatikan perilakunya dalam hidup agar sesuai syariat.

Utamanya yakni memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi serta cara memperoleh makanan tersebut.

Pasalnya, makanan yang hukumnya halal tetapi diperoleh dengan cara yang haram, maka akan menjadi haram juga.

Lebih lengkapnya, simak contoh teks khutbah Jumat yang dikutip dari laman Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam (ELIPSKI) Kemenag:

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat: Hubungan Agama dan Negara

Khutbah Pertama

Khutbah jumat pertama 13 Oktober 2023
Contoh teks khutbah Jumat berjudul Pola Hidup Halal.

Jamaah shalat Jum’at yang dirahmati Allah

Agama Islam mengatur berbagai sendi kehidupan, termasuk aktivitas makan dan minum yang sangat berkaitan dengan puasa. Allah Swt. berpesan kepada hamba-Nya untuk berhati-hati dengan makanan sebagaimana termaktub dalam surat al-Baqarah ayat 168:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Tidak hanya jenis makanannya saja yang harus diperhatikan, namun juga cara memperoleh makanan tersebut. Makanan yang hukumnya halal namun didapatkan dengan cara yang haram, maka jatuhnya menjadi haram. Dan makanan halal namun tercampur dengan dzat haram, maka nilainya juga haram.

Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Sa’ad bin Abi Waqash berkata kepada Nabi Muhammad saw., “Ya Rasulullah, doakanlah aku agar menjadi orang yang dikabulkan doa-doanya oleh Allah”. Apa jawaban Rasulullah, “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah makanan yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan doanya. Dan demi jiwaku yang ada di tangan-Nya sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba, maka neraka lebih layak untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat: Maulid Nabi, Kelahiran Sang Pembawa Rahmat

Jamaah shalat Jum’at yang dirahmati Allah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat