androidvodic.com

IM57+ Institute Kirim Raket dan Jagung untuk Ketua KPK Firli Bahuri - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - IM57+ Institute, wadah para mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dikeluarkan karena tes wawasan kebangsaan (TWK), mengirimkan raket dan jagung kepada Ketua KPK Firli Bahuri.

Raket dan jagung itu dikirim dalam rangka karena Firli Bahuri memenuhi pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Pada hari ini (25/10), IM57+ Institute mengirimkan raket dan jagung tiga kepada Firli Bahuri. Hal tersebut, menindaklanjuti kedatangan Firli Bahuri dalam pemeriksaan yang dilakukan Kepolisian sebagai pemenuhan janji yang diungkapkan pada rilis sebelumnya," kata Ketua IM57+ Institute Praswad Nugraha dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).

Kata Praswad, pemberian tersebut juga menjadi pengingat kepada publik bahwa berbagai petunjuk telah tersebar di publik terkait adanya indikasi pertemuan Firli dan SYL. 

Selain itu, mengingatkan Firli bahwa adanya pertemuan tersebut dengan bukti yang tersebar di publik. 

"Pemberian keterangan oleh Firli seharusnya dapat menjadi pendukung dalam penetapan langkah lanjutan dari dugaan pemerasan yang terjadi. Kasus ini menjadi salah satu baju uji dalam keseriusan penanganan kasus dugaan korupsi penegak hukum," kata mantan penyidik KPK ini.

Firli Bahuri memenuhi panggilan kedua Polda Metro Jaya untuk bersaksi terkait kasus dugaan pemerasan, Selasa (24/10/2023).

Dia sebelumnya mangkir dari panggilan pertama pada Jumat (20/10/2023).

"Kurang lebih 7 jam dilakukan pemeriksaan. Diperiksa kapasitas saksi oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus dan Dittipikor Bareskrim Polri. Jadi pukul 19.50 WIB, tadi pemeriksaan sudah dinyatakan selesai," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023) malam.

Untuk diketahui, foto pertemuan antara Firli Bahuri dengan SYL beredar luas. 

Firli yang mengenakan setelan olahraga terlihat berbincang dengan SYL yang memakai kemeja lengan pendek bercorak hitam-putih.

Terlihat jagung rebus dan teh menemani obrolan mereka. 

Pertemuan keduanya terjadi bersamaan dengan Firli yang tengah bermain bulu tangkis di Mangga Besar, Jakarta Pusat. 

Kedua nama ini menjadi perbincangan publik setelah ramai pemberitaan mengenai laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait kasus dugaan korupsi di Kementan. Laporan itu tengah diusut oleh Polda Metro Jaya.

Baca juga: Polisi Pastikan Status Firli Bahuri Masih Jadi Saksi Dugaan Pemerasan Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

Dalam pemeriksaannya di Bareskrim Polri kemarin, Selasa (24/10/2023), Firli mengakui pertemuannya dengan SYL di GOR bulu tangkis pada Maret 2022. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat