androidvodic.com

Momen Panglima TNI-Kapolri Bersama Pimpinan Komisi I DPR Satukan Tangan Sebelum Uji Kelayakan Agus - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengikuti fit and proper atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR RI, Senin (13/11/2023).

Sebelum fit and proper test, ada momen menarik terjadi di Ruang Rapat Komisi I DPR, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Komisi I DPR Verifikasi Berkas Calon Panglima TNI Jenderal Agus Sebelum Ikut Fit and Proper Test

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang ikut mengantarkan Jenderal Agus Subiyanto menyatukan tangan secara bertumpuk, dengan para pimpinan Komisi I DPR RI.

Di antaranya Komisi I DPR Meutya Hafid, Wakil Komisi I DPR Ketua Sugiono, Teuku Riefky hingga Abdul Kharis.

Kemudian ada pula KSAL Muhammad Ali hingga KSAU Markesal Fadjar Prasetyo, yang ikut menyatukan tangan sebelum uji kelayakan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI.

Tampak suasana penuh kekeluargaan menghiasi ruangan Komisi I DPR.

Jenderal TNI Agus Subiyanto pun terlihat santai jelang menghadapi fit and proper test.

Baca juga: BREAKING NEWS: Jenderal Agus Subiyanto Tiba di DPR Hadiri Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Aspek Netralitas Akan Diperdalam

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani memastikan, aspek netralitas TNI di Pemilu 2024, akan jadi sorotan yang akan ditanyakan dalam fit and proper test, atau uji kelayakan dan kepatutan, calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada Senin (13/11/2023).

Sebab, menurut Christina, netralitas TNI belakangan ramai jadi perbincangan publik agar benar-benar dijalankan.

"Setidaknya kami menangkap ada kekhawatiran di masyarakat mengenai netralitas aparat pada pemilu besok. Maka muatan ini tentu akan kami gali lebih dalam untuk memastikan komitmen yang lebih dari Calon Panglima TNI sehingga tidak perlu ada lagi keraguan di masyarakat," kata Christina kepada wartawan, Minggu (12/11/2023).

Calon Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto saat penyampaian visi dan misi dalam rangkaian fit and proper test dengan Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara II kompleks parlemen Senayan Jakarta pada Senin (13/11/2023).
Calon Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto saat penyampaian visi dan misi dalam rangkaian fit and proper test dengan Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara II kompleks parlemen Senayan Jakarta pada Senin (13/11/2023). (News/Gita Irawan)

Menurut Christina, DPR RI khususnya Komisi I memiliki perhatian besar pada isu netralitas aparat khususnya TNI agar memastikan Pemilu 2023 tetap berjalan secara demokratis, aman dan damai.

"Siapa pun kontestannya tentu harus patuh dan taat agar tidak menarik-narik TNI ke dalam politik praktis," ujarnya.

Diketahui, Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto besok Senin (13/11/2023).

Agus diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai calon tunggal Panglima mengingat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang segera memasuki masa pensiun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat