androidvodic.com

Suarakan Peran Perempuan untuk Perdamaian Dunia di Global Peace Convention - News

News, JAKARTA - Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto, menyuarakan peran aktif perempuan dalam perdamaian dunia pada Global Peace Convention di kota Pasig Manila, Filipina.

Terdapat sejumlah isu yang dibahas dalam forum internasional ini, yakni membangun perdamaian dunia dimulai dari pencegahan kekerasan terhadap perempuan, pernikahan dini serta kehamilan dini.

"Akar yang menjadi faktor dari adanya konflik, dimulai dari lini terkecil harus segera dicegah dan ditangani sedini mungkin," ujar Giwo melalui keterangan tertulis, Jumat (15/12/2023).

Beberapa acara akan diadakan pada forum ini, yakni International Forum on One Korea, dan GPW service project.

Agenda lainnya adalah Global Peace Convention Main Plenary, Women Leadership and Peacebuilding Lunch Program dan Global Peace Convention Plenary II.

Dalam diskusinya, Giwo mengungkapkan beberapa praktik baik yang sudah dilakukan dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia.

"Salah satunya melalui pemberdayaan perempuan di segala bidang dan aspek kehidupan demi mencegah adanya konflik khususnya pada perempuan dan anak," ucap Giwo.

Selain itu strategi selanjutnya yang diajukan oleh Kowani adalah kolaborasi untuk membangun kesejahteraan perempuan di daerah perbatasan di Indonesia seperti Aceh, Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara.

"Harapannya upaya ini dapat mencegah dari maraknya pernikahan dini, peningkatan stunting, yang akan bermuara pada kurangnya kualitas generasi bangsa yang dapat menjadi salah satu faktor banyaknya konflik di Indonesia mulai dari lini terkecil, keluarga sampai masyarakat luas," kata Giwo.

Baca juga: Pengamat Sebut Bawaslu Tak Tegas Dalam Putusan Keterwakilan Caleg Perempuan 30 Persen

GPW, yang terdiri dari perempuan dari berbagai belahan dunia, menghadirkan acara "16 Days of Awareness Campaign on Violence against Women and Children," dihadiri oleh lebih dari 100 anak, yang berusia 12 hingga 15 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat