androidvodic.com

Kadiv Propam Ungkap Rahasia di Balik Meningkatnya Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Polri - News

Laporan Wartwan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Berdasarkan survei Litbang Kompas kepuasan publik terhadap kenirja Polri mencapai angka 87,8 persen.

Kepala Divisi Propam Polri Irjen Syahardiantono mengatakan pencapaian itu tak lepas dari pengawasan melekat (Waskat) untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Polri serta mencegah terjadinya pelanggaran oleh anggota.

Syahar mengatakan dalam mendukung program 'Transformasi Menuju Polri Yang Presisi', Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Perkap Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat di Lingkungan Polri.

Waskat mulai dari memberikan arahan, inspeksi, asistensi, supervisi, monitoring, dan evaluasi untuk mewujudkan komitmen Polri dalam optimalisasi Waskat yang berorientasi publik.

"Waskat Polri tidak hanya berfokus pada kepentingan internal institusi, melainkan lebih mengutamakan kepentingan publik secara menyeluruh. Polri diharapkan menjaga aspek keadilan dalam penegakan hukum, memberikan pelayanan terbuka, dan menciptakan rasa aman serta ketertiban bagi masyarakat," kata Syahar dalam keterangannya, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: Kapolri Mutasi 483 Pati hingga Pamen Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan Jadi Wakapolda Lampung

Dalam transformasi digital, Polri juga memberikan kemudahan akses untuk masyarakat dalam pelayanan yang terus ditingkatkan hingga mendapatkan hasil survei yakni 85,1 persen kepuasan masyarakat.

"Hasil survei tersebut merupakan berupa penghargaan yang tinggi dari masyarakat kepada institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang senantiasa menekankan kepada jajaran untuk selalu memberikan pelayanan," ucapnya.

Syahar mengatakan dengan menggandeng Litbang Kompas, Polri juga ingin melihat hasil survei soal kepuasan publik terhadap kinerja Kepolisian dan juga penilaian untuk Lomba Waskat tingkat Polda 2023.

Baca juga: Usai Bareskrim Polri, Anies Dilaporkan ke Bawaslu soal Akronim AMIN, LIDEMA: Potensi Konflik Sosial

Untuk informasi, dari hasil penelitian dan penilaian yang dilakukan sejak Oktober 2023 lalu, Polda Jambi mendapatkan skor 78,38 persen.

Sementara Polda Sulut mendapatkan indeks final yakni sebesar 77,01 persen.

Ketiga, Polda Kalbar yang mendapatkan hasil indeks final yakni sebesar 76,85 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat