androidvodic.com

BMKG Imbau Pemerintah dan Publik Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Awal Tahun 2024 - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat dan instansi terkait untuk waspada terhadap hujan lebat, kilat atau petir dan angin kencang dalam sepekan ke depan, tepatnya 3 sampai 10 Januari 2024.

"BMKG menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Rabu (3/1/2024).

Terlebih untuk daerah bertopografi curam, bergunung, tebing atau rawan longsor dan banjir, semua pihak diminta tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan.

Misalnya saja dampak seperti banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam, bergunung, tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang," katanya.

Adapun BMKG menyebut berdasarkan analisis terkini, diidentifikasi hingga sepekan ke depan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dijelaskan, Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai memperlihatkan dampak terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan periode Januari 2024 diprediksi intens.

Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini juga teridentifikasi sudah mulai masuk wilayah Indonesia. Sehingga dalam sepekan ke depan bisa memicu peningkatan potensi hujan sedang - lebat di beberapa wilayah.

Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer tersebut, untuk sepekan ke depan mulai 3 sampai 10 Januari 2024 diperlukan kewaspadaan terjadinya potensi hujan intensitas lebat.

Baca juga: BMKG: Jabodetabek Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Satu Pekan ke Depan

Adapun potensi cuaca di Jabodetabek yakni pada siang hingga menjelang malam hari, perlunya kewaspadaan potensi hujan intensitas lebat di beberapa wilayah, diantaranya:

1. Jakarta Timur

2. Jakarta Selatan

3. Depok

4. Kab. Bogor

5. Kota Bogor

6. Tangerang Selatan

7. Kab. Tangerang bagian selatan

8. Kab. Bekasi bagian selatan

Sementara pada malam hingga dini hari, hujan intensitas hingga lebat juga terjadi di wilayah seperti:

1. Kep. Seribu

2. Jakarta Utara

3. Jakarta Pusat

4. Jakarta Timur bagian utara

5. Jakarta Barat bagian utara

6. Kab. Bekasi bagian utara

7. Kab. Tangerang bagian utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat