androidvodic.com

KPK Dalami Intervensi Gubernur Malut Abdul Gani Atur Proyek serta Pemberian Izin Rotasi Jabatan - News

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan terkait intervensi Gubernur nonaktif Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba dalam pengaturan proyek di Pemprov Malut.

Tim penyidik juga mendalami pemberian izin dari Abdul Gani untuk memutasi serta merotasi jabatan ASN di lingkungan Pemprov Maluku Utara.

Materi pemeriksaan itu didalami penyidik KPK saat memeriksa empat saksi dalam kasus dugaan suap pengadaan dan perizinan proyek di Pemprov Maluku Utara, Senin, 19 Februari 2024.

Empat saksi dimaksud yakni, Samsudin Abdul Kadir, Sekda Maluku Utara; Nirwan M. T. Ali, Inspektorat Maluku Utara; Jufri Salim, PNS; dan Muabdin Hi Radjab, pensiunan PNS.

"Keempat saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain kaitan dengan dugaan adanya peran penuh dan intervensi aktif dari tersangka AGK untuk mengatur berbagai proyek, pemberian izin termasuk mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan Pemprov Maluku Utara," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

Ali mengatakan, tim penyidik KPK juga mendalami dugaan aliran uang kepada Abdul Gani melalui orang kepercayaannya.

Hal itu didalami KPK lewat tiga saksi swasta, yaitu Olivia Bachmid; Eddy Sanusi, Direktur Utama PT Adidaya Tangguh; dan Silvester Andreas.

"Sedangkan untuk tiga pihak swasta juga hadir, tim penyidik masih terus melanjutkan materi pemeriksaan kaitan dugaan aliran uang yang diterima tersangka AGK melalui beberapa perantara orang kepercayaannya," kata Ali.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (20/12/2023). KPK resmi menahan Abdul Gani Kasuba bersama 5 orang tersangka lainnya dengan mengamankan barang bukti Rp 725 juta terkait operasi tangkap tangan (OTT) dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (20/12/2023). KPK resmi menahan Abdul Gani Kasuba bersama 5 orang tersangka lainnya dengan mengamankan barang bukti Rp 725 juta terkait operasi tangkap tangan (OTT) dugaan tindak pidana korupsi proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Dalam kasus ini, KPK menetapkan tujuh orang tersangka usai operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Ternate, Malut dan Jakarta pada Senin, 18 Desember 2023.

Ketujuh orang tersangka itu yakni Abdul Gani Kasuba (AGK) selaku Gubernur nonaktif Malut; Adnan Hasanudin (AH) selaku Kadis Perumahan dan Pemukiman Pemprov Malut.

Kemudian, Daud Ismail (DI) selaku Kadis PUPR Pemprov Malut; Ridwan Arsan (RA) selaku Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ); Ramadhan Ibrahim (RI) selaku ajudan Abdul Gani; Direktur Eksternal PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) Stevi Thomas (ST); dan Kristian Wuisan (KW) selaku swasta.

Dalam perkaranya, Abdul Gani ikut serta dalam menentukan siapa saja dari pihak kontraktor yang akan dimenangkan dalam lelang proyek pekerjaan. 

Untuk menjalankan misinya tersebut, Abdul Gani kemudian memerintahkan Adnan, Daud, dan Ridwan untuk menyampaikan berbagai proyek di Provinsi Malut.

Adapun besaran berbagai nilai proyek infrastruktur jalan dan jembatan di Pemprov Malut mencapai pagu anggaran lebih dari Rp500 miliar, di antaranya pembangunan jalan dan jembatan ruas Matuting-Rangaranga, pembangunan jalan dan jembatan ruas Saketa-Dehepodo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat