androidvodic.com

VIDEO Menantu Jokowi Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada Sleman: Popularitas Modal Utama & Aneka Repons - News

News, JAKARTA - Erina Gudono, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilirik Partai Gerindra untuk masuk ke dalam bursa kandidat calon bupati dalam Pilkada Kabupaten Sleman 2024 mendatang.

Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana mengatakan nama istri Kaesang Pangarep itu didorong oleh kader internal partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Meskipun masih dalam penjajakan, pihaknya juga sudah menyiapkan nama lain.

Sebagai usulan, nama Erina dan sejumlah calon bakal dibahas dalam mekanisme DPC hingga ke DPD pusat.

Gerindra Sleman juga menjalin komunikasi dengan partai politik lain.

Hal ini lantaran Gerindra hanya mendapatkan enam kursi di Sleman dan masih kurang empat kursi untuk bisa mengusung calon bupati dan wakil bupati Sleman.

Menurut Sukaptana, pihaknya telah menjalin hubungan dengan sejumlah partai lain, seperti Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dari segi usia berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi UU, usia Erina sudah masuk kriteria.

Dalam pasal 7 UU Nomor 10 Tahun 2016, menjelaskan salah satu syarat maju sebagai bupati adalah calon berusia minimal 25 tahun.

Saat ini, Erina diketahui berusia 27 tahun.

"Berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, serta 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota," bunyi pasal 7 UU Nomor 10 Tahun 2016, dikutip dari situs resmi Mahkamah Konstitusi (MK).

Popularitas jadi modal
Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebut lirikan Partai Gerindra terhadap Erina didasari atas popularitas yang dimiliki oleh menantu Jokowi tersebut. 

"Tidak bisa dipungkiri, Erina saat ini menjadi sosok yang populer."

"Karena ia sendiri adalah model dan ditambah lagi saat ini adalah menantu Jokowi, istri Kaesang."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat