androidvodic.com

Istana Presiden Jawab Isu Jokowi Akan Mencalonkan Ketua Umum Partai Golkar - News

Laporan Wartawan News, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Pihak Istana Kepresidenan RI melalui Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana merespon isu yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencalonkan Ketua Umum Partai Golkar.

Menurut Ari sudah sejak lama Presiden diisukan akan menjadi ketua umum salah satu partai politik tertentu.

"Terkait isu bahwa Presiden Jokowi akan masuk dan menjadi ketua umum parpol tertentu, sudah lama didesas-desuskan dan terus digulirkan," kata Ari, Selasa, (19/3/2024).

Namun faktanya, kata dia, hingaa saat ini isu tersebut tidak sesuai dengan kenyataan.

Presiden belum memimpin partai politik manapun.

"Faktanya sampai saat ini,  Presiden Jokowi tidak menjadi ketua umum satu parpol-pun," katanya.

Menurut Ari masalah Ketua Umum Golkar pada periode selanjutnya merupakan urusan internal Partai Golkar yang tidak ada hubungannya dengan Presiden Jokowi.

Menurutnya di sisa masa pemerintahannya sekarang Ini, Presiden Jokowi memilih fokus bekerja.

"Saat ini Presiden Jokowi  fokus bekerja untuk memimpin jalannya pemerintahan sampai berakhirnya masa  jabatan pada 20 Oktober 2024," katanya.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng buka suara mengenai isu Presiden Jokowi akan maju sebagai calon ketua umum partainya dalam musyawarah nasional (Munas) Desember 2024.

Mekeng mengatakan seluruh kader Golkar bisa maju sebagai calon ketua umum sepanjang memenuhi persyaratan yang diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

"Kalau calon itu dia harus melakukan pendekatan kepada pemilik suara minimum sepertiga dari pemilik suara itu harus memberikan dukungan supaya dia bisa menjadi calon," kata Mekeng kepada News, Senin (11/3/2024).

Anggota Komisi XI DPR RI ini mempersilakan siapapun bergabung dengan Golkar, termasuk Presiden Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat