androidvodic.com

Imbau Tak Mudik Pakai Motor, Polri Minta Masyarakat Manfaatkan Program Mudik Gratis - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Polri mengimbau masyarakat idak menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran 2024.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyarankan masyarakat untuk bisa memanfaatkan program-program mudik gratis salah satunya yang digelar Polri.

"Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftar mudik gratis Polri," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Kamis (21/3/2024).

Imbauan diberikan guna meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas yang bisa berujung pada hilangnya nyawa.

"Ini untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dan agar mudik lebaran dan arus balik dapat berjalan dengan lancar dan aman," ucapnya.

Baca juga: Polri Akan Cari Jalan Keluar Antisipasi Titik Rawan Banjir Untuk Kelancaran Mudik Lebaran 2024

Meski begitu, jika masyarakat tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor, agar tetap memperhatikan sejumlah aspek keselamatan.

"Cek kondisi fisik dan kendaraan yang akan digunakan hingga menyiapkan perlengkapan pendukung dalam menggunakan kendaraan roda dua," ungkapnya.

Diketahui, Polri menggelar kegiatan mudik lebaran gratis bagi masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya saat Hari Raya Idul Fitri 1445H.

Baca juga: Penumpang Kapal Laut pada Mudik Lebaran 2024 Diproyeksi Turun Jadi 588.903 Orang

Trunoyudo mengatakan bagi masyarakat yang ingin ikut dalam program ini, pihak kepolisian sudah mulai membuka pendaftarannya hari ini.

"Korlantas Polri membuka pendaftaran mudik gratis dimulai pada hari ini Rabu, 20 Maret 2024 dengan total sebanyak 400 unit bus disiapkan dapat mengangkut sebanyak 20.000 penumpang untuk mengantar pemudik ke beberapa daerah di pulau Jawa," kata Trunoyudo kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Nantinya, para pemudik yang terdaftar dalam program bernama mudik gratis Polri Presisi 2024 ini akan diberangkatkan dari Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada 6 dan 7 April 2024 mendatang.

"Masyarakat dapat mendaftar program mudik gratis Polri Presisi 2024 dengan datang ke Samsat seluruh wilayah Polda Metro Jaya dan Satpas SIM Daan Mogot dibuka pada 20 April sampai dengan 22 April 2024 pukul 08.00 hingga 14.00 WIB," ucapnya.

Trunoyudo mengatakan para pendaftar diminta untuk membawa satu foto copy Kartu Keluarga (KK) dan satu foto copy KTP yang diserahkan ke petugas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat